Mais Nurdin I am a blogger who is lazy to write. "Smart Blogging"

Cara Mengatasi Hp Lemot

5 min read

Cara Mengatasi Hp Lemot

Apakah kamu sering jengkel kalau hp tiba-tiba lemot? Penyebab lemot yang sering terjadi adalah karena Faktor penurunan performa pada Handphone. Bukan hanya itu, Bisa jadi juga disebabkan karena spesifikasi setiap ponsel yang berbeda-beda.

Namun yang paling berpengaruh kenapa HP kalian sering lemot adalah karena ulah kalian sendiri, Maksudnya apa coba? jadi gini, Apakah kalian sering merasa bahwa sehabis beli HP baru rasanya sangat enteng sekali di gunakan dalam artian tidak lemot dan lancar dalam mengakses apapun.

Namun bagaimana setelah pemakaian lama? apakah ada perbuahan signifikan pada ponsel pintar kalian, Mungkin RAM semakin mengecil, Memori semakin penuh, Bateri semakin boros, dan tentunya hp juga akan berubah menjadi lemot.

Baca Juga : Tutorial Seputar Blogging Untuk Pemula Teknologi Dan Marketing – Bungmais.com

Kenapa ini bisa terjadi? ada beberapa Penyebab HP menjadi Lemot yang bisa jadi tidak kalian sadari, oke simak sedikit penjelasan di bawah ini.

Penyebab yang sering terjadi HP menjadi Lemot

1. Ruang Penyimpanan yang penuh

Ini nih yang menjadi penyebab seringnya HP berubah menjadi lemot, Jika kalian melihat ada banyak file file foto, video, atau aplikasi yang tidak di gunakan yang memenuhi memori internal segeralah Hapus atau jika bisa pindahkan ke memori Eksternal.

2. Banyaknya aplikasi yang Aktif

Jika seusai membuka atau mengakses Aplikasi, lebih baik kalian menghapus riwayat aplikasi yang berjalan tersebut. Aplikasi yang berjalan di belakang layar bisa menjadi penyebab besar Pemakan kapasitas RAM yang paling besar.

3. Penuhnya RAM

Setiap Handphone tentunya memiliki kapasitas RAM yang berbeda-beda, fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara ketika perangkat tersebut beroperasi. Menyempitnya kapasitas RAM sangat mempengaruhi tingkat kecepatan performa dari ponsel, maka dari itu kalian harus rajin-rajin melakukan pembersihan.

4. Cache yang Menumpuk

Cache adalah data yang disimpan sementara di dalam memori telepon ketika kalian menggunnakan HP, ini hampir mirip dengan RAM. Tetapi bedanya adalah jika file Cache ini berisi Rekaman jejak dari pengguna setelah mengoperasikan ponselnya.

Cache yang menumpuk dan tidak pernah dihapus maka akan berakibat HP menjadi lemot dan juga salah satu penyebab Memori ponsel tiba-tiba penuh.

5. Kondisi Baterai

Dan yang terakhir adalah kondisi Baterai dari Handphone kalian. Faktanya Baterai HP memiliki masa hidup tertentu dan lambat-laun pemakaian ponsel pasti baterai akan mengalami penurunan kualitas.

Bateri menjadi salah satu sumber melemotnya HP, karena ketika baterai sering kehilangan ketegangannya, maka Handphone juga akan semkain panas dan sangat berpengaruh buruk terhadap kecepatan kinerja ponsel. CPU adalah komponen yang sensitif terhadap suhu, maka dari itu pengontrol manajemen daya akan mengembalikan kecepatan prosesor dan alhasil akan membuatnya menjadi lemot.

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot

Setelah membaca beberapa penjelasan tentang penyebab ponsel lemot, apakah kalian berinisiatif ingin mengatasinya. Tidak sulit kok untuk membuat HP kita menjadi lancar lagi ketika di gunakan. Baiklah, langsung saja menyimak baik-baik caranya di bawah ini.

1. Bersihkan Aplikasi yang berjalan di Belakang Layar

Aplikasi yang berjalan di belakang layar akan menyebabkan penuhnya kapasitas RAM dan dampaknya adalah HP menjadi lemot. Sebenarnya ada 2 macam jenis aplikasi yang saya maksud,

  • Aplikasi yang berjalan ketika dibuka : seperti contoh Aplikasi Browser, Games, dan lain sebagainya.
  • Aplikasi berjalan di background : contohnya adalah Aplikasi sosial media.

Dua macam aplikasi seperti diatas, sangat berkemungkinan bisa mempersempit RAM di ponsel kalian, untuk mengatasinya sebenarnya mudah. Lihat caranya di bawah ini!

Cara Pertama

Setelah membuka atau mengakses aplikasi, jangan lupa untuk melakukan clear atau pembersihan. Caranya adalah dengan mengklik kanan (beda hp beda letak tombolnya), Maka secara otomatis aplikasi yang sebelumnya bertimbun di belakang layar akan hilang, alhasil RAM pun akan lega kembali.

Coba lihatlah perbandingan RAM sebelum dan setelah saya melakukan pembersihan.

Cara Kedua

Sebenarnya ini sama dengan cara yang pertama, Namun cara yang ini lebih recommend sebab disini kalian bisa membersihkan aplikasi yang berjalan di background dan aplikasi yang pernah kalian buka. alasan lain adalah Aplikasi yang diinstall atau bawaan sistem semua ada disini, jadi kalian lebih leluasa dalam melakukan pembersihan

Caranya adalah dengan malakukan Force Stop (Paksa berhenti) aplikasi yang berjalan melalui Setting di HP.

Masuk ke Setting > kemudian pilih menu Aplikasi > disana akan terdapat semua Aplikasi yang berada di ponsel kalian, pilih salah satu yang ingin di berhentikan > Cari dan klik Tulisan Paksa Berhenti.

Itu untuk aplikasi yang kalian install sendiri, lalu bagaimana dengan Aplikasi bawaan sistem. Sama sebenarnya caranya, namun perlu satu cara tambahan,

Klik Ikon titik tiga di samping kanan atas layar, kemudian pilih Tampilkan Sistem > akan tampil sejumlah aplikasi bawaan, silahkan klik aplikasinya > Sama seperti tadi, untuk menghentikannya klik saja Paksa Berhenti.

2. Menggunakan Aplikasi Multiguna

Mutiguna disini tujuannya adalah untuk menghemat memori ponsel, Mengguanakan aplikasi yang memiliki banyak kegunaan sangatlah di butuhkan sebab dengan satu aplikasi namun memiliki banyak fungsi bisa menjadi cara jitu untuk menghemat ruang memori, yang dimana adalah salah satu penyebab Lemotnya HP.

Maksudnya apa sih Aplikasi mutliguna itu? oke saya akan berikan contohnya jika kalian masih binggung.

1. Aplikasi instagram dengan fitur Filternya

Sosial media bernama instagram ini kini dilengkapi dengan fitur untuk membuat filter pada foto dan sekaligus bisa langsung kalian unggah di laman medsos. Tentu ini sangatlah efektif ketimbang menginstall aplikasi tambahan untuk mengedit filter foto.

2. Aplikasi Assistie Touch

Kalau ini asli aplikasi yang sangat multiguna sebab disini kalian bisa mengguanakan berbagai fitur dalam satu aplikasi saja. Seperti contoh ada fitur Pembersihan sampah, Perekam layar, Screenshot, Menyalakan senter, dan lain sebagainya.

Dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi multiguna lainnya yang bisa kalian temukan, Mulai sekarang jika ada aplikasi yang memiliki fitur multiguna maka lebih baik gunakanlah saja daripada menginstall App tambahan yang ujung-ujungnya malam membuat HP lemot.

3. Install Aplikasi LITE untuk Menghemat Ruang Memori

Aplikasi adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari ponsel. Hampa rasanya jika HP tidak mempunyai aplikasi apapun. Namun, pemilihan aplikasi ini juga harus di perhatikan bagi Handphone yang memiliki Spesifikasi pas-pasan.

Maka hadirlah Aplikasi LITE, dimana di dalamnya terdapat fitur yang hampir sama dengan aplikasi utamanya, Namun bedanya adalah hanya membawa fitur-fitur dasarnya saja. Dalam artian aplikasi lite ini memiliki fitur yang tidak selengkap aplikasi utama.

Lalu Apa Pengaruhnya? Owh tentu ada dampaknya jika kalian mengguanakn Jenis Aplikasi ini. Aplikasi ini memilik kelebihan yaitu Penggunaan data yang sedikit dan Penghematan ruang memori. Rata-rata versi lite memiliki ukuran dibawah 10MB, sehingga tidak terlalu memakan penyimpanan ponsel.

Sekarang ini sudah banyak Aplikasi besar yang diadopsi ke bentuk LITE, contoh ada Facebook Lite, Twitter Lite, LINE Lite, Pinterest Lite, Spotify Lite, dan masih banyak lagi.

4. Membersihkan Cache yang Menumpuk

Yang akan saya bahas di bawah ini adalah cara membersihkan cache untuk HP atau Sistem ya bukan browser. Sebenarnya sebagian Handphone itu memiliki fitur untuk menghapus cachenya secara otomatis, namun kalian tahulah kalau yang Namanya otomatis itu tidak se-efektif manual.

Yang akan kalian dapatkan setelah memebersihkan cache HP adalah Menambahnya ruang penyimapanan, Meningkatnya performa ponsel, dan bisa Memperbaiki aplikasi yang bermasalah.

Ada berbagai cara yang bisa kalian lakukan untuk menghapus tuntas cache yang menumpuk, Namun saya akan menggunakan cara yang paling sederhana saja, berikut caranya.

Cara Pertama

Masuklah ke Setting > Kemudian cari menu Penyimpanan > klik Data dalam cache, Setelah itu maka akan muncul peringatan apakah kalian benar-benar ingin menghapusnya, Maka klik saja iya.

Maka secara otomatis ponsel kalian akan melakukan reboot beberapa saat, setelah itu lihatlah apakah memori penyimanan bertambah? apakah ponsel terasa enteng? Jika iya maka kalian berhasil menyelesaikan proses penghapusan cache.

Gambar di bawah ini adalah Kapasitas penyimpnan yang berhasil saya hapus cachenya, Alhasil memori menjadi lebih ramping.

NOTE : Cara di atas hanya work pada Handphone yang memiliki OS Android 4.2 Jelly Bean ke atas.

Jangan lupa membersihkan sampah HP kalian dengan 10 Aplikasi Pembersih sampah terbaik berikut ini, di jamin Ponsel ngak akan lemot lagi!

Cara Kedua

Tidak masalah jika OS kalian di bawah 4.2 sebab ada cara lain yang lebih efektif untuk pembersihan cache, Yaitu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga Bernama CCleaner.

Aplikasi ini sangatlah membantu utnuk kamu yang sering mengeluhkan ponsel lemot.

Buka aplikasinya > klik ikon Pembersihan Cepat > Maka secara otomatis CClenaer akan melakukan pencarian cache atau file yang tidak digunakan ponsel > langsung saja klik Selesaikan Pembersihan, Selesai Seluruh cache di ponsel kalian akan terhapus dengan sendirianya.

5. Matikan Auto-Sync

Menurut saya pribadi mematikan auto sync ini juga tidak berpengaruh kepada kinerja ponsel, jadi lebih baik matikan saja toh ini juga akan berdampak pada Performa ponsel.

Namun itu kembali lagi ke kalian masing-masing, terserah jika kalian memutuskan ingin menyalakan Auto Sync maka yang akan terjadi adalah kalian akan mendapatkan pemberitahuan atau update terbaru dari akun-akun yang disinkron kan tersebut.

Masing binggung, oke gini gambarannya. Jika kalian memutuskan untuk mengaktifkan auto sync untuk aplikasi Facebook maka sama saja kalian juga mengizinkan Facebook untuk memberikan update notifikasi setiap waktu, Update yang di maksud disini seperti Pemberitahuan komentar baru, Perimintaan pertemanan baru, Pesan baru, dan lain-lain.

Oke beginilah cara menonaktifkan auto sync pada Handphone.

Masuklah ke Setting > pilih menu Akun > kemudian klik pada ikon titik tiga di pojok kanan atas > Silahkan matikan ceklis dari Otomatis Sinkronkan Data (atau Auto Sync)

6. Lakukan langkah Factory Reset (setel ulang pabrik)

Dan yang terakhir ini mungkin yang akan paling berpengaruh pada kinerja ponsel kalian, sebab dengan kalian melakukan langkah ini Handphone kalian akan mendapatkan performa baru/ tidak lemot seperti kalian pertama kali membelinya.

Namun jelas ada pengaruhnya, Apa itu? Cara kali ini tidak dianjurkan bagi kalian yang memiliki data-data penting yang terdapat di Telepon, jikalau tetap ingin menggunakan cara ini maka kalian harus melakukan Backup semua data tersebut ke Memori eksternal guna antisipasi.

Dengan melakukan Factory Reset ini kalian juga bisa membackup data-data akun Google atau akun media sosial kalian, agar nantinya ketika melakukan reset tidak menghapus seluruhnya.

Cara ini sebenarnya gampang, kalian tinggal Masuk ke setting > Candangkan & Setel Ulang > silahkan klik Kembalikan ke setelan pabrik (Factory Reset) > Kemudian klik setel ulang telepon untuk memulainya.

Cara Reset Hp

Ingin Mendapatkan Informasi Seputar Teknologi lebih lengkap? yuk Kunjungi Kemlinthi.my.id (Gudangnya pembahasan seputar Teknologi terupdate)

Kesimpulan

Memang benar Handphone yang sering lemot bisa jadi karena faktor Pemakaiannya, jika kalian menggunakan handphone dengan bijak maka peroforma dari ponsel kalian akan terjaga.

Kesimpulannya adalah bahwa hp lemot itu biasanya bermacam-macam sebabnya yang paling berpengaruh adalah karena Menyepitnya kapasitas RAM dan Memori ponsel, Maka dari itu rutin-rutinlah melakukan pembersihan.

Mais Nurdin I am a blogger who is lazy to write. "Smart Blogging"

Tinggalkan Balasan

Please rate

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: