Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Cara Screenshot Di Laptop Windows 10 sangatlah mudah. tips ini saya tulis Untuk kamu yang mempunyai laptop dan didukung Windows 10, kamu dapat melakukan beberapa cara screenshot di laptop kamu. Kegiatan screenshot di windows 10 sudah bisa untu seluruh layar atau sebagain layar saja.
Selain itu, microsoft juga menyediakan aplikasi screenshot untuk mengambil gambar secara khusus. Berikut berbagai cara untuk screenshoot di laptop Windows 10.

Cara screenshot pakai kombinasi tombol keyboard

Cara Screenshot di Laptop Windows 10
Cara Screenshot di Laptop Windows 10
  • Cara termudah untuk screenshot di layar komputer adalah dengan menekan tombol Print Screen atau PrtScn pada keyboard. Pada beberapa laptop atau pc, Windows 10 menyediakan beberapa variasi PrtScn:
  • Tekan Alt + PrtScn. Ini menyalin jendela aktif ke clipboard, yang dapat Anda tempelkan ke program lain.
  • Tekan tombol Windows + Shift + S. Layar akan meredup dan penunjuk mouse akan berubah. Anda dapat menarik untuk memilih bagian layar yang akan diambil gambarnya. Tangkapan layar akan disalin ke clipboard, yang dapat Anda tempelkan ke program lain. (Pintasan ini hanya berfungsi jika Anda menginstal Windows 10 versi terbaru, yang disebut Pembaruan Pembuat Windows 10.)
  • Tekan tombol Windows + PrtScn. Proses screenshot ini akan menyimpan seluruh layar sebagai file gambar. kamu dapat menemukannya di folder Pictures dalam subfolder yang disebut Screenshots.

Pakai Snipping Tool

Microsoft menyediakan aplikasi screenshot yang jauh lebih fleksibel dengan Windows 10, yang disebut Snipping Tool. Kamu dapat menggunakan Snipping Tool untuk mengambil tangkapan layar dan menyimpannya sebagai file gambar tanpa terlebih dahulu menempelkan hasil screenshot ke program lain.
  • Buka program Snipping Tool dan pilih bentuk screenshot yang kamu inginkan.
  • Layar kan membeku dan kamu dapat meilih atau meyerat halaman mana saja yang akan di screenshot
  • Jika kamu ingin mengeditnya terelebih dahulu, Snipping Tool menyediakan fitur edit didalamnya. Jika tidak kamu bisa langsung menyimpannya dengan cara menekan file dipojok kiri atas dan pilih Save As.

Screenshot dengan Game Bar

Game Bar adalah program yang dapat kamu gunakan di sebagian besar game Windows untuk mengambil screenshot dan merekam video. Berikut cara menggunakannya:
  • Buka game dan jalankan game yang ingin kamu screenshot.
  • Saat bermain game, tekan tombol Windows + G secara bersamaan pada keyboard.
  • Program Gambe Bar akan muncul di tengah pada bagian bawah. Tekan ikon kamera untuk mengambil screenshot. Selain mengambil gambar kamu juga bisa merekam video melalui menu yang ada di Game Bar.
  • Hasil screenshot akan secara otomatis disimpan ke folder Video dalam subfolder yang disebut Capture.

***

 

6 Cara Screenshot di Laptop yang Praktis dan Mudah Screenshot menjadi fitur yang cukup esensial. Menyadari hal tersebut, banyak perusahaan laptop memberikan cara screenshot di laptop yang mereka produksi dengan mudah.

Laptop dengan pilihan tombol Keyboar untuk mempermudah Screenshot Salah satu fitur yang bisa digunakan pada handphone yaitu fitur untuk melakukan capture layar, yang kemudian dikenal dengan istilah screenshot.

Fitur ini cukup esensial dan banyak digunakan oleh pengguna handphone. Hampir semua pengguna gadget ponsel genggam pasti sudah mengetahui cara untuk menggunakan fitur ini. Namun berbeda dengan laptop, banyak penggunanya belum mengetahui cara untuk screenshot layar laptop.

Untuk melakukan screenshot, cara di beberapa jenis laptop berbeda-berbeda. Namun hal tersebut tidaklah sulit. Berikut beberapa cara screenshot di laptop yang dapat Anda lakukan di bebeapa brand yang ada di pasaran.

Cara Screenshot di Laptop Asus

Kemajuan teknologi yang semakin cepat bergerak menuntut para perusahaan produsen laptop untuk sering meng-upgrade brand atau produk yang mereka hasilkan.

Hal tersebut juga berlaku pada perusahaan laptop dari Taiwan, yaitu Asus. Laptop Asus pamornya semakin naik seiring berbagai inovasi yang mereka lakukan. Salah satu fitur yang ditanam dalam laptop ini yakni mengenai screenshot layar.

Screenshot sudah menjadi kebutuhan para pengguna laptop, apalagi dengan banyaknya seminar secara online atau webinar saat ini.  Banyak pengguna laptop yang membutuhkan fitur ini untuk mngambil gambar, dokumen, atau menjadikannya alat dokumentasi saat meeting virtual.

Setidaknya ada beberapa cara screnshot di laptop Asus yang bisa Anda gunakan:

1. Menggunakan Kombinasi Windows +PrtSc

Cara pertama screenshot di laptop Asus dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtSc. Sebenarnya, dengan menekan tombol PrtSc saja sudah bisa untuk mengambil screenshot. Namun dengan menggunakan tombol kombinasi Windows +PrtSc, screenshot sudah terjamin tersimpan dengan baik.

Anda harus menekan tombol tersebut secara bersamaan. Tanda screenshot berhasil yakni ketika layar laptop berkedip. Ini artinya screenshot sukses dan tersimpan dengan baik.

2. Menggunakan Kombinasi Fn + PrtSc

Tombol kombinasi lainnya untuk screenshot yaitu Fn + PrtSc. Untuk memakai cara ini, tekan secara bersamaan juga tombol Fn + PrtSc. Jika sudah, Anda bisa mulai membuka aplikasi pendukung, misalnya edit gambar yang biasanya ada di laptop Asus. Sebagai contoh Paint, Photoshop, atau bahkan MS. Word. Ketika membuka aplikasi pendukung tersebut, Anda bisa tekan paste atau Ctrl + V. Kemudian, picture hasil screenshot akan muncul di aplikasi tersebut. Setelah itu, Anda bisa langsung menyimpan  gambar tersebut dengan menekan ikon save atau kombinasi Ctrl + S.

Cara Screenshot Di Laptop Acer

Acer juga perusahaan laptop yang memberikan fitur screenshot yang mempermudah penggunanya. Perusahaan asal Cina ini memberikan pelayanan terbaik kepada penggunanya dengan kelengkapan keyboard yang memiliki fungsi screenshot. Anda bisa screenshot di laptop Acer dan menyimpannya dengan berbagai format mulai dari PNG, JPG, dan GIF dengan menggunakan beberapa cara screenshot di laptop Acer berikut ini.

1. Menggunakan Tombol Kombinasi Pada Keyboard

Pertama, screenshot di laptop Acer bisa menggunakan tombol kombinasi Windows + PrtSc secara bersamaan pada keyboard laptop. Dengan langkah ini, picture hasil screenshot akan tersimpan otomatis. Kamu bisa cek hasil screenshot di folder C. Bukalah folder user, lanjutkan dengan membuka folder username, kemudian folder pictures, dan yang terakhir membuka folder screenshots.

2. Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool merupakan aplikasi screenshot yang disediakan Microsoft. Dengan aplikasi ini.  Anda bisa screenshot lebih nyaman dan fleksibel. Sinipping tool berfungsi untuk menyimpan hasil screenshot tanpa perlu membuka aplikasi pendukung lainnya.

Untuk screenshot menggunakan Snipping Tool, memulailah dengan membuka aplikasi tersebut. Pilihlah bentuk dari screenshot yang sesuai dengan keinginanmu.

Setelah itu, aplikasi lain di laptop akan meredup. Pada saat ini Anda bisa memilih atau menyeret halaman yang di-screenshot. Halaman itu secara otomatis ter-capture . Lalu bila ingin mengeditnya, gunakan fitur editing yang ada di Snipping Tool. Ketika hasil editing sudah sesuai, Anda bisa menyimpan gambar dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + S.

3. Menggunakan Snapgit

Cara terakhir ketika hendak screeshot di laptop Acer yaitu menggunakan Snapgit. Ini merupakan program yang bisa digunakan untuk capture picture pada video. Untuk melakukan hal tersebut kamu bisa memulainya dengan mengunduh aplikasi Snapgit pada laptop Acer.

Jika sudah mengunduh, Anda masuk aplikasi tersebut dan klik ikon tangkap yang ada di sana. Pilihlah layar atau halaman yang akan di-screenshot. Kemudian, pilihlah tombol kamera yang berfungsi untuk menyimpan hasil screenshot.

Cara Screenshot Di Laptop HP

Tak kalah dengan laptop lainnya, pengguna laptop HP bisa menggunakan beberapa cara screenshot di laptop mereka. Berikut ini cara yang mudah dan cepat.

Laptop dengan pilihan tombol keyboard untuk mempermudah screenshot
Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Pilihan tombol keyboard HP sebagai salah catu cara screenshot di laptop

1. Menggunakan Tombol PrtSc

Screenshot bisa dilakukan dengan hanya menggunakan satu tombol saja di keyboard laptop, PrtSc. Biasanya terletak di kanan atas. Atau untuk beberapa tipe mungkin berbeda letaknya.

Langkah pertama menyiapkan terlebih dahulu layar tampilan yang hendak di-screenshot. Selanjutnya tekan tombol PrtSc untuk menangkap layar. Kemudian, Anda bisa memulainya dengan membuka aplikasi pendukung yang memiliki fungsi untuk editing picture, salah satunya adalah Paint. Aplikasi ini sudah ada di laptop HP tanpa perlu download terlebih dahulu.

Pada aplikasi Paint, tekan paste atau Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot. Lalu, Anda bisa langsung menyimpan gambar tersebut. Apabila ingin menentukan sendiri format gambar yang hendak disimpan, pilih fitur “save as” kemudian pilih format gambar mana yang akan digunakan. Bisa juga memilih folder untuk menyimpan file screenshot tersebut.

2. Menggunakan Tombol Kombinasi Windows + G

Berbeda dengan laptop brand lain, HP menghadirkan cara screenshot dengan menekan tombol kombinasi Windows + G secara bersamaan. Menu dari game bar tersebut akan muncul secara otomatis dan kamu bisa memilih fitur “capture”. Pilihlah ikon kamera untuk screenshot. Hasilnya akan muncul pada folder “galery”. Untuk melihat hasil screenshot bisa juga dengan memilih opsi “Opern File Location” yang biasanya di pojok kanan bawah.

Windows + G juga bisa untuk merekam video yang ada di layar laptop. Dengan menggunakan tombol kombinasi ini, Anda bisa membagikan picture hasil screenshot pada sosial media Twitter dan menyimpannya dalam clipboard.

3. Menggunakan Tombol Kombinasi Windows +

Volume Down Cara ketiga untuk screenshot dengan menggunakan tombol kombinasi Windows + Volume Down. Jika memakai cara ini, hasil screenshot akan ada di folder screenshot yang secara otomatis dibuat oleh sistem. Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan oleh mereka yang menggunakan Windows Surface.

Cara Screenshot Di Laptop Lenovo

Lenovo juga tidak mau kalah. Mereka memberikan fitur untuk screenshot dengan mudah. Caranya tidak berbeda jauh dengan laptop lainnya. Berikut dua cara yang bisa digunakan.

1. Screenshot Dengan Tombol PrtSc

Langkah pertama yaitu menyiapkan terlebih dahulu layar yang akan di-screenshot. Lalu tekan tombol PrtSc yang biasanya terletak di pojok kanan atas keyboard laptop Lenovo. Setelah itu, gunakan aplikasi Paint. Aplikasi ini bawaan yang ada di setiap laptop.

Setelahnya, paste atau tekan tombol kombinasi Ctrl +V untuk meletakkan screenshot yang sudah diambil. Hasilnya bisa diedit menggunakan aplikasi tersebut. Setelah selesai mengedit, save picture tersebut dengan klik Ctrl + S. Anda bisa memilih sendiri jenis atau format dari picture tersebut dan tempat menyimpannya.

2. Screenshoot dengan Aplikasi Snipping Tool

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu layar yang hendak di-screenshot. Lalu cari Snipping Tool pada menu start di laptop Lenovo. Bukalah tombol New pada daftar menu melayang yang muncul. Lakukan screenshot dan simpan pada folder yang kamu inginkan. Kelebihan yang dimiliki Snipping Tool adalah Anda bebas memilih mode screenshot yang diinginkan.

Cara Screenshot di Laptop Windows 7

Screenshot bisa digunakan untuk beberapa laptop dengan jenis Windows yang mungkin berbeda-beda. Salah satu Windows juga bisa untuk screenshot yaitu Windows 7. Di sini, untuk screenshot ada beberapa pilihan. Berikut caranya.

1. Screenshot Seluruh Layar

Untuk screenshot seluruh layar laptop dengan cara menggunakan tombol PrntScrn atau PrtSc atau Print Screen. Biasanya tombol ini ada di ujung kanan keyboard. Sebelum menekan tombol tersebut, terlebih dahulu pilih layar yang hendak diambil gambarnya.

Langkah berikutnya membuka aplikasi editing foto, seperti Paint. Setelah terbuka, tekan tombol paste atau Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot. Jika sudah, Anda bisa melakukan editing atau langsung menyimpan hasil gambar screenshot tersebut.

2. Screenshot Layar Jendela Tertentu

Untuk screenshot pada jendela tertentu  bisa langsung tekan kombinasi tombol Alt + PrntScrn. Lalu buka Paint dan paste gambar hasil screenshot tersebut. Anda bisa mengedit Paint tersebut lalu save hasil screenshot.

3. Screenshot dengan Snipping Tool

Langkah pertama sorot ke bagian start yang biasanya ada di kiri. Cari aplikasi Snipping Tool dan buka. Kemudian menuju layar yang hendak di-screenshot. Jika sudah, Anda bisa langsung klik ikon “Save Snip” untuk menyimpan hasil screenshot tersebut.

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Selain Windows 7 ada jenis Windows lain yang juga banyak digunakan yaitu Windows 10. Untuk melakukan screenshot di Windows 10, Anda bisa mengikut cara berikut ini.

  1. Buka terlebih dahulu layar yang hendak kamu screenshot.
  2. Tekan tombol kombinasi Alt + PrtScn yang akan menyalin hasil screenhot tersebut.
  3. Jika sudah, kamu bisa membuka program lain seperti Paint, Photoshop, MS. Word, atau aplikasi edit foto lainnya yang ada di laptop Windows 10 kamu.
  4. Tekan Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot tersebut.
  5. Tekan tombol kombinasi Ctrl + S untuk menyimpan hasil screenshot yang sudah diambil.

Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop

Setelah screenshot kamu bisa melihat hasilnya dengan menggunakan aplikasi Paint. Setelah kamu menekan tombol kombinasi untuk screenshot seperti Alt + PrnSc, Windows + PrnSc, Fn + PrnSc, atau tombol kombinasi lainnya, kamu bisa langsung buka aplikasi Paint dan tekan Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot tersebut dan melihat hasilnya.

Selain aplikasi Paint, Anda bisa melihat hasil screenshot dengan menggunakan aplikasi lain seperti MS. Word atau Photoshop. Cara yang digunakan sama saja dengan saat kamu melihat hasil screenshot menggunakan Paint. Namun pada umumnya banyak yang menggunakan Paint, karena aplikasi ini selalu ada di setiap laptop.

Artikel ini telah tayang di Katadata dengan judul “6 Cara Screenshot di Laptop yang Praktis dan Mudah”

Leave a Comment

%d bloggers like this: