Dasar-dasar SEO: Panduan Lengkap Seo Fundamental Untuk Pemula Dalam Mengoptimalkan Mesin Pencari

Seo Fundamental

Tips Seputar Blogging Untuk Pemula – Runhealdsburg – Belajar seputar seo blogging dari dasar sampai profesional memang bukanlah hal yang mudah untuk di lewati. Berbagai macam problem dan kendala yang harus kita lalui hingga bisa mencapai hal yang luar biasa di situs blog/web yang sedang kita kelola dan optimalkan search engine nya.

Bahkan tidak sedikit orang yang mengeluarkan uang jutaan rupiah hanya demi belajar seputar tips dan trik seo fundamental sebuah website. Apkah anda juga termasuk orang yang mengeluarkan uang untuk belajar seo fundamental/seo dasar?

Read More

Jawabnya ada dalam diri anda. Namun dalam artikel Belajar Seo dan Tips Seo Blogging Untuk Pemula ini runhealdsburg.com akan mengajak anda untuk membuka cakrawala ilmu pengetahuan yang anda miliki saat ini.

Sebenarnya semua ilmu pengetahuan seputar blogging ada di genggaman anda saaat ini, yang saya sebut sebagai dunia dalam genggaman (Handphone) karena dengam smartphone pintar anda bisa menjelajahi dunia hanaya dalam hitungan detik. Begitu juga dengan hal-hal yang berkaitan dengan seo blog. Hanya per/sekian detik apa yang anda cari akan anda temukan lewat telpon genggam yang ada di tangan anda saat ini.

Untuk itu anda bisa memanfaatkan “Dunia Dalam Genggaman” untuk belajar banyak hal termsuk seputar seo. Baik itu seo On Page maupun Seo Off Page, intinya tabung uang anda dan mari kita mulai materinya dari A sampai B😂😂😂

Apakah anda sudah siap? Kalau sudah siap mari kita mulai pelajaranaya.

1. What It SEO (Apa Itu SEO)

Jika anda sudah mengetahui apa arti seo anda bisa melanjutkan ke paragraf selanjutnya, namun meski demikian saya akan tetap menjelaskan pengertian seo sebenarnya. SEO merupakan singkatan Dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pengoptimalan mesin pencari/telusur.

Anda juga mungkin pernah mendengar tentang SEO, dan jika Anda belum memahami apa yang dijelaskan diatas, Anda bisa pelajari definisi SEO di Wikipedia dengan cepat, tetapi yang perlu dipahami bahwa SEO adalah “proses yang memengaruhi visibilitas situs web atau halaman web di mesin pencari.” dengan belajar seo fundamenl ini, dapat membantu Anda dalam menjawab pertanyaan penting untuk bisnis dan situs web Anda, seperti:

  • Bagaimana cara Anda, untuk” mengoptimalkan” search enggina untuk situs Anda atau situs perusahaan Anda?
  • Bagaimana Anda tahu berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk belajar SEO dari dasar sampai ke tingkat profesional ?
  • Bagaimana Anda bisa membedakan saran SEO “baik” saran SEO “buruk” atau berbahaya?

Seo telah dikenal sebagian besar oleh para pemburu dolar, tapi tidak sedikit juga orang yang masih bertanya-tanya apa itu seo.

Belajar tentang dasar-dasar SEO. Artikel ini akan menjadi pengenalan dan ikhtisar tentang pengoptimalan mesin pencari (SEO), sehingga taktik dan tehnik seo fundamental untuk mendongkrak rank website anda wajib pelajari jika Anda ingin situs web kesayanagn anda itu ditemukan melalui mesin telusur seperti Google, yahoo, bing, dan baidu.

Dalam panduan SEO untuk pemula ini, Anda akan belajar:

  1. Apa itu SEO & Mengapa Itu Penting?
  2. Praktik Terbaik Riset Kata Kunci & Penargetan Kata Kunci
  3. Praktik Terbaik Pengoptimalan Pada Halaman
  4. Praktik Terbaik Arsitektur Informasi
  5. Bagaimana Menjalankan Pemasaran Konten & Membangun Tautan
  6. Masalah Umum & Praktik Terbaik SEO Teknis
  7. Cara Melacak & Mengukur Hasil SEO
  8. Pertimbangan SEO Tambahan (Seperti Praktik Terbaik SEO Seluler, Internasional & Lokal)

Pada saat Anda mencapai bagian akhir dari panduan dasar-dasar SEO ini, Anda akan memiliki pemahaman yang kuat tentang apa itu pengoptimalan mesin telusur, mengapa itu berharga dan penting buat situs anda, dan bagaimana mendapatkan hasil yang luar biasa dalam lingkungan SEO yang selalu berubah-ubah.

Baca Juga  : What Is Pbn

Apa yang mungkin menarik bagi Anda sebagai pemilik bisnis atau karyawan adalah bagaimana Anda benar – benar dapat memanfaatkan SEO untuk membantu mengarahkan visitor, prospek, penjualan, dan akhirnya pendapatan dan keuntungan yang lebih relevan untuk bisnis Anda. Itulah yang akan kami fokuskan dalam artikel ini.

Mengapa Anda Harus Belajar Tentang SEO?

Banyak orang mencari sesuatu. Lalu lintas tersebut dapat menjadi sangat kuat untuk bisnis tidak hanya karena ada banyak lalu lintas, tetapi karena ada banyak lalu lintas yang sangat spesifik dan bermaksud tinggi .

Jika Anda menjual Handphone Samsung Galaxy, apakah Anda lebih suka membeli papan reklame sehingga siapa pun yang memiliki mobil di daerah Anda melihat iklan Anda (apakah mereka akan tertarik dengan iklan  Samsung Galaxy yang anda pasang atau tidak), atau muncul setiap kali orang di dunia mengetik “beli Hp Samsung Galaxy S10” ke mesin telusur? Mungkin yang terakhir, karena orang-orang itu memiliki niat komersial , artinya mereka berdiri dan mengatakan bahwa mereka ingin membeli sesuatu yang Anda tawarkan .

seo primer

Orang-orang menelusuri segala hal yang berhubungan langsung dengan bisnis Anda. Selain itu, prospek Anda juga mencari semua jenis hal yang hanya terkait longgar dengan bisnis Anda. Ini menunjukkan lebih banyak kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang itu dan membantu menjawab pertanyaan mereka, memecahkan masalah mereka, dan menjadi sumber terpercaya bagi mereka.

Apakah Anda lebih mungkin mendapatkan iklan dari sumber tepercaya yang menawarkan informasi hebat tentang produk anda. Atau anda meminta bantuan Google untuk suatu masalah, atau seseorang yang belum pernah Anda dengar?

Apa yang Sebenarnya Berfungsi untuk Mendorong Lalu Lintas dari Mesin Pencari?

Pertama, penting untuk dicatat bahwa Google bertanggung jawab atas sebagian besar lalu lintas mesin pencari di dunia (meskipun selalu ada beberapa perubahan dalam angka sebenarnya). Ini mungkin berbeda dari satu niche ke niche lainnya, tetapi kemungkinan besar Google adalah pemain dominan dalam hasil pencarian yang diinginkan oleh bisnis atau situs Anda, dan praktik terbaik yang diuraikan dalam panduan ini akan membantu memposisikan situs Anda dan kontennya ke peringkat di mesin telusur lain, juga.

belajar dasar-dasar seo

Terlepas dari mesin pencari apa yang Anda gunakan, hasil pencarian terus berubah. Google secara khusus telah memperbarui banyak hal seputar bagaimana mereka memberi peringkat situs web dengan banyak nama hewan yang berbeda baru-baru ini, dan banyak cara termudah dan termurah untuk mendapatkan peringkat halaman Anda dalam hasil pencarian menjadi sangat berisiko dalam beberapa tahun terakhir.

Jadi, apa yang berhasil? Bagaimana Google menentukan halaman mana yang akan dikembalikan sebagai tanggapan atas apa yang dicari orang? Bagaimana Anda mendapatkan semua lalu lintas yang berharga ini ke situs Anda?

Algoritme Google sangat kompleks, dan saya akan membagikan beberapa tautan untuk siapa saja yang ingin mempelajari lebih dalam bagaimana Google memberi peringkat pada situs di akhir bagian ini, tetapi pada tingkat yang sangat tinggi:

  • Google mencari halaman yang berisi informasi relevan dan berkualitas tinggi tentang kueri pencari.
  • Mereka menentukan relevansi dengan “merayapi” (atau membaca) konten situs web Anda dan mengevaluasi (secara algoritme) apakah konten tersebut relevan dengan apa yang dicari oleh penelusur, sebagian besar berdasarkan kata kunci yang dikandungnya.
  • Mereka menentukan “kualitas” dengan berbagai cara, tetapi yang menonjol di antara mereka adalah jumlah dan kualitas situs web lain yang memiliki pranala ke halaman Anda dan situs Anda secara keseluruhan. Sederhananya: Jika satu-satunya situs yang menautkan ke situs widget biru Anda adalah blog yang belum pernah ditautkan oleh orang lain di Web, dan situs widget biru saya mendapat tautan dari tempat tepercaya yang sering ditautkan, seperti CNN.com , situs saya akan lebih tepercaya (dan diasumsikan berkualitas lebih tinggi) daripada situs Anda.

Semakin banyak elemen tambahan yang dipertimbangkan oleh algoritme Google untuk menentukan di mana peringkat situs Anda, seperti:

  • Bagaimana orang terlibat dengan situs Anda (Apakah mereka menemukan informasi yang mereka butuhkan dan tetap ada di situs Anda, atau kembali ke halaman pencarian dan mengklik link lain? Atau apakah mereka mengabaikan listingan Anda di hasil pencarian sama sekali dan tidak pernah mengklik-tayang? )
  • Kecepatan memuat situs Anda dan “kesesuaian untuk seluler”
  • Berapa banyak konten unik yang Anda miliki (versus konten bernilai rendah yang sangat “tipis” atau konten duplikat )

Ada ratusan faktor peringkat yang dipertimbangkan algoritme Google dalam menanggapi penelusuran, dan mereka terus memperbarui dan menyempurnakan prosesnya.

faktor peringkat google seo

Kabar baiknya adalah, Anda tidak harus menjadi pakar mesin pencari untuk menentukan peringkat istilah berharga dalam hasil pencarian. Kami akan membahas praktik terbaik yang terbukti dan dapat diulang untuk mengoptimalkan situs web untuk pencarian yang dapat membantu Anda mengarahkan lalu lintas yang ditargetkan melalui pencarian tanpa harus merekayasa balik kompetensi inti dari salah satu perusahaan paling berharga di dunia.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja mesin telusur, ada banyak sekali sumber daya yang tersedia, termasuk:

Sekarang, kembali ke dasar-dasar SEO! Mari masuk ke taktik dan strategi SEO sebenarnya yang akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari mesin pencari.

2. Praktik Terbaik Riset Kata Kunci & Penargetan Kata Kunci

Langkah pertama dalam pengoptimalan mesin telusur adalah benar-benar menentukan untuk apa Anda sebenarnya mengoptimalkan. Ini berarti mengidentifikasi istilah yang dicari orang (juga dikenal sebagai “kata kunci”) yang Anda inginkan agar peringkat situs web Anda di mesin pencari seperti Google.

Kedengarannya cukup sederhana, bukan? Saya ingin perusahaan widget saya muncul saat orang mencari “widget”, dan mungkin saat mereka mengetik hal-hal seperti “beli widget”. Ke langkah ketiga!

volume pencarian untuk kata kunci seo

Sayangnya tidak sesederhana itu. Ada beberapa faktor utama yang harus dipertimbangkan saat menentukan kata kunci yang ingin Anda targetkan di situs Anda:

  • Volume Pencarian – Faktor pertama yang harus dipertimbangkan adalah berapa banyak orang (jika ada) yang benar-benar mencari kata kunci tertentu. Semakin banyak orang yang menelusuri kata kunci, semakin besar pemirsa yang ingin Anda jangkau. Sebaliknya, jika tidak ada yang mencari kata kunci, tidak ada audiens yang tersedia untuk menemukan konten Anda melalui pencarian.
  • Relevansi – Jika sebuah istilah sering dicari, itu bagus: tetapi bagaimana jika itu tidak sepenuhnya relevan dengan prospek Anda? Relevansi tampaknya langsung ke depan: jika Anda menjual perangkat lunak otomatisasi pemasaran email perusahaan, Anda tidak ingin muncul untuk penelusuran yang tidak ada hubungannya dengan bisnis Anda, seperti “perlengkapan hewan peliharaan”. Tapi bagaimana dengan istilah seperti “perangkat lunak pemasaran email”? Ini mungkin secara intuitif tampak seperti deskripsi yang bagus tentang apa yang Anda lakukan, tetapi jika Anda menjual ke perusahaan Fortune 100, sebagian besar lalu lintas untuk istilah yang sangat kompetitif ini adalah pencari yang tidak tertarik membeli perangkat lunak Anda (dan orang yang ingin Anda hubungi mungkin tidak akan pernah membeli solusi Anda yang mahal dan rumit berdasarkan penelusuran Google sederhana). Sebaliknya, Anda mungkin berpikir kata kunci tangensial seperti “solusi pemasaran PPC perusahaan terbaik” sama sekali tidak relevan dengan bisnis Anda karena Anda tidak menjual perangkat lunak pemasaran PPC.
  • Persaingan – Seperti halnya peluang bisnis lainnya, dalam SEO Anda ingin mempertimbangkan biaya potensial dan kemungkinan keberhasilan. Untuk SEO, ini berarti memahami persaingan relatif (dan kemungkinan peringkat) untuk istilah tertentu.

Pertama, Anda perlu memahami siapa calon pelanggan Anda dan apa yang kemungkinan besar mereka cari. Jika Anda belum memahami siapa prospek Anda, memikirkan tentang itu adalah tempat yang baik untuk memulai , untuk bisnis Anda secara umum tetapi juga untuk SEO.

Dari sana Anda ingin memahami:

  • Jenis hal apa yang mereka minati?
  • Masalah apa yang mereka miliki?
  • Jenis bahasa apa yang mereka gunakan untuk menjelaskan hal-hal yang mereka lakukan, alat yang mereka gunakan, dll.?
  • Dari siapa lagi mereka membeli barang (ini berarti pesaing Anda, tetapi juga bisa berarti alat tangensial dan terkait – untuk perusahaan pemasaran email, pikirkan alat pemasaran perusahaan lainnya)?

Setelah Anda menjawab pertanyaan ini, Anda akan memiliki “daftar awal” kata kunci dan domain yang memungkinkan untuk membantu Anda mendapatkan ide kata kunci tambahan dan untuk memasukkan beberapa volume pencarian dan metrik persaingan.

Ambil daftar cara inti yang digunakan prospek dan pelanggan Anda untuk mendeskripsikan apa yang Anda lakukan, dan mulai masukkan ke dalam alat kata kunci seperti alat kata kunci milik Google atau alat seperti Saran Uber atau alat kata kunci WordStream :

alat kata kunci seo wordstream

Anda dapat menemukan daftar alat kata kunci yang lebih lengkap di bawah ini, tetapi gagasan utamanya adalah bahwa pada langkah awal ini, Anda akan ingin menjalankan sejumlah penelusuran dengan berbagai alat kata kunci yang berbeda. Anda juga dapat menggunakan alat kata kunci kompetitif seperti SEM Rush untuk melihat istilah apa yang diperingkat pesaing Anda. Alat ini melihat ribuan hasil pencarian yang berbeda, dan akan menunjukkan kepada Anda setiap istilah pencarian yang mereka lihat peringkat pesaing Anda di Google akhir-akhir ini. Inilah yang ditampilkan SEM Rush untuk penyedia otomasi pemasaran Marketo:

Data Kata Kunci SEMRush

Sekali lagi: ini tidak hanya harus menjadi sesuatu yang Anda lihat untuk pesaing. Anda dapat melihat alat terkait yang menjual ke pasar yang sama untuk ide konten , dan bahkan melihat penerbit ceruk utama yang berbicara tentang topik Anda (dan prospek Anda membaca) dan melihat jenis kata kunci apa yang digunakan situs tersebut untuk mengarahkan lalu lintas. .

Selain itu, jika Anda sudah memiliki situs, kemungkinan besar Anda sudah mendapatkan lalu lintas dari mesin telusur. Jika demikian, Anda dapat menggunakan beberapa data kata kunci Anda sendiri untuk membantu Anda memahami istilah mana yang mendorong lalu lintas (dan istilah mana yang mungkin dapat Anda peringkatkan sedikit lebih baik).

Sayangnya, Google telah berhenti memberikan banyak informasi tentang apa yang dicari orang ke penyedia analitik , tetapi Anda dapat menggunakan SEM Rush (atau alat serupa, seperti SpyFu ) di situs Anda sendiri untuk memahami istilah Anda. peringkat untuk dan perkiraan volume penelusuran mereka. Google juga menyediakan lebih banyak data ini di antarmuka Alat Webmaster gratis mereka (jika Anda belum membuat akun, ini adalah alat SEO yang sangat berharga untuk menggali data kueri penelusuran dan untuk mendiagnosis berbagai masalah teknis SEO – selengkapnya tentang Alat Webmaster disiapkan di sini ).

Setelah Alat Webmaster disiapkan, Anda dapat menavigasi ke tautan ini saat masuk dan melihat kueri penelusuran yang mengarahkan lalu lintas ke situs Anda:

data seo alat webmaster

Ini bisa menjadi istilah yang baik untuk memusatkan perhatian pada promosi konten tambahan dan tautan internal (lebih lanjut tentang masing-masing topik itu nanti), dan juga bisa menjadi “kata kunci inti” yang bagus untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak ide hebat tentang apa yang akan ditargetkan.

Setelah Anda meluangkan waktu untuk memahami bagaimana prospek Anda berbicara dan apa yang mereka cari, telah melihat kata kunci yang mengarahkan lalu lintas ke pesaing Anda dan situs terkait, dan telah melihat istilah yang mengarahkan lalu lintas ke situs Anda sendiri, Anda perlu bekerja untuk memahami istilah mana yang dapat Anda rangking dan di mana letak peluang terbaik .

Menentukan persaingan relatif suatu kata kunci bisa menjadi tugas yang cukup kompleks. Pada level yang sangat tinggi, Anda perlu memahami:

  • Seberapa tepercaya dan berwibawa (dengan kata lain: berapa banyak tautan yang didapat seluruh situs, dan seberapa tinggi kualitas, tepercaya, dan relevan situs-situs yang menautkan itu?) Seluruh situs lain yang akan bersaing untuk mendapatkan peringkat untuk istilah yang sama adalah
  • Seberapa selaras mereka dengan kata kunci itu sendiri (apakah mereka menawarkan jawaban yang bagus untuk pertanyaan pencari itu)
  • Seberapa populer dan otoritatif masing- masing halaman dalam hasil penelusuran tersebut (dengan kata lain: berapa banyak link yang dimiliki halaman itu sendiri, dan seberapa tinggi kualitas, tepercaya, dan relevannya situs yang menaut itu?)

Anda dapat menyelami lebih dalam proses menentukan seberapa kompetitif kata kunci dalam panduan mendalam Backlinko atau dengan menggunakan rumus indeks kompetitif pendiri WordStream Larry Kim (tip nomor 3).

Ada juga berbagai alat berbeda (kebanyakan berbayar) yang menawarkan skor kesulitan kata kunci:

Dan meskipun sifatnya lebih maju, posting Nick Eubanks tentang memahami potensi peringkat menawarkan pandangan mendalam yang luar biasa tidak hanya pada pemahaman tetapi juga menciptakan formula yang dapat ditindaklanjuti untuk menentukan persaingan kata kunci dan kemungkinan peringkat situs Anda sendiri yang sebenarnya untuk suatu istilah .

Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam lagi topik penelitian kata kunci dan penargetan kata kunci, ada beberapa sumber daya yang bagus tentang topik tersebut:

 

3. Optimasi Pada Halaman

Setelah Anda memiliki daftar kata kunci, langkah selanjutnya adalah menerapkan kata kunci yang ditargetkan ke dalam konten situs Anda. Setiap halaman di situs Anda harus menargetkan istilah inti, dan “keranjang” istilah terkait. Dalam tinjauannya tentang halaman yang dioptimalkan dengan sempurna, Rand Fishkin menawarkan visual yang bagus tentang seperti apa halaman yang dioptimalkan dengan baik (atau sempurna):

halaman yang dioptimalkan seo sempurna

Mari kita lihat beberapa elemen penting pada halaman yang ingin Anda pahami saat memikirkan tentang cara mengarahkan lalu lintas mesin pencari ke situs web Anda:

Tag Judul

Meskipun Google sedang bekerja untuk lebih memahami arti sebenarnya dari sebuah halaman dan tidak menekankan (dan bahkan menghukum) penggunaan kata kunci yang agresif dan manipulatif, termasuk istilah (dan istilah terkait) yang ingin Anda rangking di halaman Anda tetap berharga. Dan satu-satunya tempat paling berpengaruh yang dapat Anda masukkan kata kunci adalah tag judul halaman Anda.

Tag judul bukan judul utama halaman Anda. Judul yang Anda lihat di halaman biasanya merupakan elemen HTML H1 (atau mungkin H2). Tag judul adalah apa yang dapat Anda lihat di bagian paling atas browser Anda, dan diisi oleh kode sumber halaman Anda dalam tag meta :

tag judul untuk seo

Panjang tag judul yang akan ditampilkan Google akan bervariasi (berdasarkan piksel, bukan jumlah karakter) tetapi secara umum 55-60 karakter adalah aturan praktis yang baik di sini . Jika memungkinkan, Anda ingin menggunakan kata kunci inti Anda, dan jika Anda dapat melakukannya dengan cara yang alami dan menarik, tambahkan beberapa pengubah terkait di sekitar istilah itu juga. Perlu diingat: tag judul akan sering menjadi apa yang dilihat oleh pencari dalam hasil pencarian untuk halaman Anda. Ini adalah “judul” dalam hasil penelusuran organik, jadi Anda juga ingin mempertimbangkan seberapa mudah tag judul Anda dapat diklik .

Deskripsi Meta

Meskipun tag judul secara efektif menjadi judul daftar pencarian Anda, deskripsi meta (elemen meta HTML lain yang dapat diperbarui dalam kode situs Anda, tetapi tidak terlihat pada halaman Anda yang sebenarnya) secara efektif merupakan salinan iklan tambahan situs Anda. Google mengambil beberapa kebebasan dengan apa yang mereka tampilkan di hasil pencarian, jadi deskripsi meta Anda mungkin tidak selalu ditampilkan, tetapi jika Anda memiliki deskripsi yang menarik tentang halaman Anda yang akan membuat orang-orang yang melakukan pencarian cenderung mengklik, Anda dapat meningkatkan lalu lintas secara signifikan. (Ingat: muncul di hasil penelusuran hanyalah langkah pertama! Anda masih perlu membuat penelusur datang ke situs Anda, lalu benar-benar melakukan tindakan yang Anda inginkan.)

Berikut adalah contoh deskripsi meta dunia nyata yang ditampilkan di hasil pencarian:

deskripsi meta dasar-dasar seo

Konten Tubuh

Konten sebenarnya dari halaman Anda sendiri, tentu saja, sangat penting. Jenis laman yang berbeda akan memiliki “pekerjaan” yang berbeda – aset konten landasan yang Anda inginkan agar ditautkan oleh banyak orang harus sangat berbeda dari konten dukungan yang Anda inginkan untuk memastikan pengguna menemukan dan mendapatkan jawaban dengan cepat. Meskipun demikian, Google semakin menyukai jenis konten tertentu, dan saat Anda membuat laman mana pun di situs Anda, ada beberapa hal yang perlu diingat:

  • Konten Tebal & Unik – Tidak ada angka ajaib dalam hal jumlah kata, dan jika Anda memiliki beberapa halaman konten di situs Anda dengan beberapa ratus kata, Anda tidak akan kehilangan rahmat baik Google, tetapi Pembaruan umum Panda terkini khususnya mendukung konten yang lebih panjang dan unik. Jika Anda memiliki banyak (pikirkan ribuan) halaman yang sangat pendek (50-200 kata konten) atau banyak konten duplikat di mana tidak ada yang berubah kecuali tag judul halaman dan mengatakan sebaris teks, itu bisa membuat Anda mendapat masalah. Lihat keseluruhan situs Anda: apakah sebagian besar halaman Anda tipis, digandakan, dan bernilai rendah? Jika demikian, cobalah untuk mengidentifikasi cara untuk “mempertebal” halaman tersebut, atau periksa analytics Anda untuk melihat berapa banyak lalu lintas yang mereka dapatkan, dan cukup kecualikan (menggunakan tag meta noindex ) dari hasil pencarian agar tidak terlihat oleh Google bahwa Anda mencoba membanjiri indeks mereka dengan banyak halaman bernilai rendah dalam upaya untuk membuat mereka mendapat peringkat.
  • Keterlibatan – Google semakin membobotkan keterlibatan dan metrik pengalaman pengguna lebih banyak lagi. Anda dapat memengaruhi ini dengan memastikan konten Anda menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pencari sehingga mereka cenderung tetap berada di halaman Anda dan terlibat dengan konten Anda. Pastikan halaman Anda memuat dengan cepat dan tidak memiliki elemen desain (seperti iklan yang terlalu agresif di atas konten) yang cenderung mematikan penelusur dan mengusir mereka.
  • “Sharability” – Tidak setiap konten di situs Anda akan ditautkan dan dibagikan ratusan kali. Namun, dengan cara yang sama Anda ingin berhati-hati agar tidak meluncurkan halaman yang memiliki konten tipis dalam jumlah besar, Anda ingin mempertimbangkan siapa yang kemungkinan besar akan membagikan dan menautkan ke halaman baru yang Anda buat di situs Anda sebelum meluncurkannya . Memiliki sejumlah besar halaman yang kemungkinan tidak akan dibagikan atau ditautkan tidak memposisikan halaman tersebut untuk mendapat peringkat yang baik dalam hasil pencarian, dan tidak membantu membuat gambaran yang baik tentang situs Anda secara keseluruhan untuk mesin pencari, baik .

Atribut Alt

Cara Anda menandai gambar dapat memengaruhi tidak hanya cara mesin telusur memandang halaman Anda, tetapi juga seberapa banyak lalu lintas penelusuran dari penelusuran gambar yang dihasilkan situs Anda. Atribut alt adalah elemen HTML yang memungkinkan Anda memberikan informasi alternatif untuk gambar jika pengguna tidak dapat melihatnya. Gambar Anda dapat rusak seiring waktu (file terhapus, pengguna mengalami kesulitan untuk terhubung ke situs Anda, dll.) Sehingga memiliki deskripsi gambar yang berguna dapat membantu dari perspektif kegunaan secara keseluruhan. Ini juga memberi Anda kesempatan lain – di luar konten Anda – untuk membantu mesin telusur memahami tentang apa halaman Anda.

Anda tidak ingin ” barang kata kunci ” dan menjejalkan kata kunci inti Anda dan setiap kemungkinan variasinya ke dalam atribut alt Anda. Faktanya, jika tidak cocok secara alami dengan deskripsi, jangan sertakan kata kunci target Anda di sini sama sekali. Pastikan untuk tidak melewatkan atribut alt, dan mencoba memberikan deskripsi gambar yang menyeluruh dan akurat (bayangkan Anda mendeskripsikannya kepada seseorang yang tidak dapat melihatnya – untuk itulah gambar itu ada!).

Dengan menulis secara alami tentang topik Anda, Anda menghindari filter “pengoptimalan berlebihan” (dengan kata lain: ini tidak membuatnya terlihat seperti Anda mencoba menipu Google agar memberi peringkat halaman Anda untuk kata kunci target Anda) dan Anda memberi diri Anda kesempatan yang lebih baik untuk menentukan peringkat untuk variasi “ekor panjang” yang dimodifikasi dan berharga dari topik inti Anda.

Struktur URL

Struktur URL situs Anda dapat menjadi penting baik dari perspektif pelacakan (Anda dapat lebih mudah menyegmentasikan data dalam laporan menggunakan struktur URL logis yang tersegmentasi), dan sudut pandang yang dapat dibagikan (URL yang lebih pendek dan deskriptif lebih mudah untuk disalin dan ditempelkan dan cenderung salah. dipotong lebih jarang). Sekali lagi: jangan mencoba menjejalkan kata kunci sebanyak mungkin; buat URL singkat dan deskriptif.

Selain itu: jika Anda tidak perlu, jangan ubah URL Anda. Meskipun URL Anda tidak “cantik”, jika Anda tidak merasa URL tersebut berdampak negatif bagi pengguna dan bisnis Anda secara umum, jangan mengubahnya menjadi lebih fokus pada kata kunci untuk “SEO yang lebih baik”. Jika Anda memang harus mengubah struktur URL Anda, pastikan untuk menggunakan jenis pengalihan yang tepat (permanen 301). Ini adalah kesalahan umum yang dilakukan bisnis saat mereka mendesain ulang situs web mereka .

Sumber daya URL tambahan:

Skema & Markup

Terakhir, setelah semua elemen pada halaman standar ditangani, Anda dapat mempertimbangkan untuk melangkah lebih jauh dan lebih baik dalam membantu Google (dan mesin pencari lainnya, yang juga mengenali skema) untuk memahami halaman Anda.

Markup skema tidak membuat halaman Anda muncul lebih tinggi di hasil pencarian (saat ini ini bukan faktor peringkat). Ini memberi listingan Anda beberapa “real estat” tambahan di hasil penelusuran, seperti yang dilakukan ekstensi iklan untuk iklan Google Ads (sebelumnya dikenal sebagai AdWords) .

Dalam beberapa hasil pencarian, jika tidak ada orang lain yang menggunakan skema, Anda bisa mendapatkan keuntungan bagus dalam rasio klik-tayang berdasarkan fakta bahwa situs Anda menampilkan hal-hal seperti peringkat sementara yang lain tidak. Di hasil penelusuran lainnya, di mana semua orang menggunakan skema, memiliki ulasan mungkin dianggap “taruhan tabel” dan Anda mungkin mengurangi CTR Google Anda dengan menghilangkannya:

skema untuk seo

Ada berbagai jenis markup yang dapat Anda sertakan di situs Anda – kemungkinan besar tidak akan berlaku untuk bisnis Anda, tetapi kemungkinan besar setidaknya satu bentuk markup akan diterapkan ke setidaknya beberapa halaman situs Anda.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang skema & markup dengan salah satu sumber berikut:

Lihat juga panduan kami tentang SEO off-halaman (faktor-faktor di situs lain yang dapat memengaruhi peringkat situs Anda sendiri).

 

4. Arsitektur Informasi & Hubungan Internal

Arsitektur informasi mengacu pada bagaimana Anda mengatur halaman di situs web Anda. Cara Anda mengatur situs web dan tautan antar laman dapat memengaruhi bagaimana berbagai konten di peringkat situs Anda dalam menanggapi penelusuran.

Alasan untuk ini adalah bahwa mesin pencari sebagian besar menganggap link sebagai “suara kepercayaan” dan sarana untuk membantu memahami tentang apa halaman itu, dan seberapa penting itu (dan seberapa terpercaya itu seharusnya).

Mesin telusur juga melihat teks sebenarnya yang Anda gunakan untuk ditautkan ke laman, yang disebut teks tautan – menggunakan teks deskriptif untuk ditautkan ke laman di situs Anda membantu Google memahami tentang apa laman itu (tetapi terutama di dunia pasca-Penguin , pastikan agar tidak terlalu agresif dalam menjejalkan kata kunci Anda ke dalam teks tautan).

Dengan cara yang sama tautan dari CNN merupakan indikasi bahwa situs Anda mungkin penting, jika Anda menautkan ke halaman tertentu secara agresif dari berbagai area di situs Anda, itu merupakan indikasi bagi mesin telusur bahwa halaman tertentu itu sangat penting bagi Anda. situs. Selain itu: halaman di situs Anda yang memiliki suara eksternal paling banyak (link dari situs lain yang tepercaya) memiliki kekuatan paling besar untuk membantu halaman lain di situs Anda mendapatkan peringkat dalam hasil pencarian.

Ini berkaitan kembali dengan konsep yang disebut “PageRank”. PageRank tidak lagi digunakan dengan cara yang sama seperti saat pertama kali diterapkan, tetapi jika Anda ingin memahami topik lebih dalam, berikut beberapa sumber daya yang bagus:

Mari kita telusuri contoh singkat untuk membantu Anda memahami konsep tentang bagaimana ekuitas tautan (atau jumlah dan kualitas tautan yang mengarah ke halaman) memengaruhi arsitektur situs dan bagaimana Anda menautkan secara internal. Bayangkan kita memiliki situs penghilang salju:

  1. Kami menerbitkan studi yang luar biasa tentang dampak salju pada konstruksi di musim dingin di iklim cuaca dingin. Itu ditautkan dari seluruh web.
  2. Studi ini dipublikasikan di situs penghilang salju utama kami. Semua halaman lainnya adalah halaman sederhana yang berorientasi pada penjualan yang menjelaskan berbagai aspek penawaran penghilang salju dari perusahaan kami. Tidak ada situs eksternal yang ditautkan ke salah satu halaman ini.
  3. Penelitian itu sendiri mungkin memiliki posisi yang baik untuk mendapatkan peringkat yang baik dalam hasil pencarian untuk berbagai frasa. Halaman-halaman yang berorientasi penjualan apalagi. Dengan menautkan dari studi kami ke halaman berorientasi penjualan terpenting kami, bagaimanapun, kami dapat meneruskan sebagian kepercayaan dan otoritas panduan kami ke halaman-halaman itu. Posisi mereka tidak akan sebaik penelitian kami, tetapi posisinya akan jauh lebih baik daripada saat tidak ada dokumen resmi (di situs kami atau di situs lain) yang mengarah ke dokumen tersebut. Catatan tambahan penting di sini: dalam contoh ini halaman kami yang paling banyak ditautkan adalah studi fiktif kami. Dalam banyak kasus, halaman Anda yang paling ditautkan adalah halaman beranda Anda (halaman yang ditautkan orang ketika mereka membicarakan Anda, ketika Anda mendapat tekanan, dll.) JadiMemastikan untuk menautkan secara strategis ke halaman terpenting di situs Anda dari halaman beranda Anda sangatlah penting .

Arsitektur informasi dapat menjadi topik yang sangat kompleks – terutama untuk situs yang lebih besar – dan ada sejumlah sumber daya tambahan yang bagus di bawah ini dengan jawaban yang lebih spesifik yang tercantum di akhir bagian ini, tetapi pada tingkat tinggi hal terpenting yang harus diingat adalah :

  • Anda ingin memahami halaman Anda yang paling banyak ditautkan (gunakan alat seperti Ahrefs, Majestic SEO, atau Moz dan lihat laporan “halaman teratas” untuk menentukannya).
  • Jaga agar halaman pencarian Anda yang paling penting (halaman yang Anda gunakan untuk menargetkan kata kunci Anda yang paling berharga) tetap “tinggi” dalam arsitektur informasi Anda : ini berarti sering menautkannya ke elemen navigasi dan menautkannya kapan pun memungkinkan dari halaman Anda yang paling banyak ditautkan (mis., pastikan halaman beranda Anda dan versi situs Anda dari studi hit snow kami terhubung ke halaman paling berharga di situs Anda dari perspektif pencarian – “halaman uang” Anda).
  • Secara umum, Anda ingin memiliki “arsitektur informasi datar” untuk situs Anda – artinya Anda menyimpan halaman apa pun yang ingin Anda peringkatkan di mesin telusur sesedikit mungkin klik dari halaman beranda dan sebagian besar halaman yang ditautkan ke. Lihat video lama ini untuk penjelasan yang lebih mendalam tentang cara meratakan struktur situs Anda

Di bawah ini adalah sejumlah sumber daya tambahan seputar arsitektur informasi (banyak di antaranya adalah sumber daya yang lebih lama, tetapi prinsip SEO yang diuraikan di dalamnya sebagian besar masih berlaku):

 

5. Pemasaran Konten & Membangun Tautan

Karena algoritme Google sebagian besar masih didasarkan pada tautan, memiliki sejumlah tautan berkualitas tinggi ke situs Anda jelas sangat penting dalam mengarahkan lalu lintas penelusuran: Anda dapat melakukan semua pekerjaan yang Anda inginkan pada SEO on-halaman dan teknis, jika Anda tidak melakukannya. t memiliki link ke situs Anda, Anda tidak akan muncul di daftar hasil pencarian.

Ada sejumlah cara untuk mendapatkan tautan ke situs Anda, tetapi karena Google dan mesin telusur lain menjadi semakin canggih, banyak di antaranya menjadi sangat berisiko (meskipun mungkin masih berfungsi dalam jangka pendek). Jika Anda baru mengenal SEO dan ingin memanfaatkan saluran, cara yang lebih berisiko dan lebih agresif untuk mencoba mendapatkan tautan ini kemungkinan tidak cocok untuk bisnis Anda, karena Anda tidak akan tahu cara menavigasi perangkap dan mengevaluasi dengan benar. risikonya. Selain itu, mencoba membuat tautan khusus untuk memanipulasi peringkat Google tidak menciptakan nilai lain untuk bisnis Anda jika algoritme mesin telusur bergeser dan peringkat Anda menghilang.

Pendekatan yang lebih berkelanjutan untuk mengembangkan tautan adalah dengan fokus pada pendekatan pemasaran yang lebih umum dan berkelanjutan seperti membuat dan mempromosikan konten bermanfaat yang juga mencakup istilah spesifik yang ingin Anda rangking dan terlibat dalam PR tradisional untuk bisnis Anda.

Proses membuat dan mempromosikan konten yang akan memberi Anda tautan dan pembagian sosial adalah proses yang padat karya. Sekali lagi Anda akan menemukan panduan langkah demi langkah yang lebih rinci untuk berbagai aspek pemasaran konten di bawah ini, dan ada banyak cara berbeda untuk membuat konten secara efektif, membantunya ditemukan, dan mendapat peringkat yang baik dalam hasil pencarian. Akan tetapi, sebagian besar pendekatan akan meminta Anda menjalani beberapa variasi dari tiga langkah inti berikut:

1. Identifikasi & Pahami Penautan & Berbagi Pemirsa Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan daya tarik untuk konten Anda, adalah memahami siapa yang cenderung menautkan dan membagikan konten Anda. Ada beberapa alat untuk membantu Anda mengidentifikasi pemberi pengaruh dalam ceruk pasar Anda yang mungkin membagikan konten Anda, tetapi mungkin yang paling kuat adalah BuzzSumo:

buzzsumo untuk seo

Alat serupa termasuk  FollowerWonk , Little Bird dan Ahrefs . Tutorial lebih rinci tentang penggunaan alat-alat ini untuk lebih memahami niche Anda disertakan di bawah ini.

Ide dalam memanfaatkan alat-alat ini adalah pertama-tama mengidentifikasi para pemimpin pemikiran dan penghubung potensial di ruang Anda, dan kemudian memahami apa yang mereka bagikan dan tautkan . Cari tahu apa masalah mereka, jenis konten apa yang biasanya mereka bagikan, dan mulailah berpikir tentang bagaimana Anda dapat membuat sesuatu yang mereka anggap berharga dan ingin mereka bagikan dengan audiens mereka (yang juga akan menganggapnya berharga).

Influencer pemasaran influencer versus pendukung infografis

Saat Anda mengerjakan proses ini, mulailah memikirkan tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk para pemberi pengaruh ini. Bagaimana Anda dapat membantu mereka dengan proyek mereka sendiri? Apa yang dapat Anda lakukan (tidak diminta) yang akan membantu mereka mencapai tujuan mereka sendiri atau apa yang dapat Anda buat atau tawarkan yang akan bernilai bagi audiens yang mereka buat kontennya dan coba bantu? Apakah Anda memiliki akses ke data atau pengetahuan unik yang akan membantu mereka melakukan pekerjaan dengan lebih baik? Jika Anda dapat secara konsisten berguna bagi pembuat konten pintar di ceruk pasar Anda, Anda akan mulai membangun hubungan yang kuat yang akan menghasilkan keuntungan saat Anda membuat konten .

Sebelum Anda membuat sebagian besar konten, Anda harus sudah memikirkan tentang bagaimana konten itu akan dibagikan: siapa yang akan membagikannya, dan mengapa mereka mau?

2. Menentukan Konten Apa yang Dapat Anda Buat & Bagaimana Anda Dapat Mempromosikannya

Selanjutnya Anda harus mencoba memahami apa kemampuan Anda sendiri, dan jenis konten apa yang dapat Anda buat yang kemungkinan besar akan dibagikan dan dipromosikan oleh orang lain.

Sejumlah jenis aset konten yang berbeda akan dapat dibagikan:

Berfokuslah untuk membuat aset konten berbeda yang akan bernilai nyata, buat rencana untuk mempromosikan aset tersebut, dan jangan malu untuk memberi tahu orang-orang yang Anda tampilkan atau audiens yang akan mendapat manfaat dari sumber daya Anda bahwa aset itu ada.

3. Petakan Aset Anda ke Kata Kunci Tertentu

Terakhir, jangan lupa tentang kata kunci Anda! Ini tidak berarti bahwa setiap kali Anda membuat sumber daya yang bagus, Anda perlu menjejalkan kata kunci yang tidak sesuai: itu berarti Anda dapat menggunakan penelitian kata kunci sebagai sarana untuk menemukan titik nyeri (jika orang beralih ke mesin pencari mencari sesuatu, mereka menginginkan konten yang memberikan jawaban yang bagus untuk pertanyaan mereka!), dan bahwa saat Anda membuat aset baru, Anda ingin mencari berbagai cara untuk memasukkan bahasa yang digunakan prospek dan pelanggan ke dalam aset Anda: terutama yang yang benar-benar akan ditautkan dan dibagikan (karena Anda akan semakin perlu mendapatkan semacam distribusi untuk halaman yang Anda ingin peringkatnya untuk kata kunci yang berharga).

Sumber daya tambahan:

 

6. Masalah Umum & Praktik Terbaik SEO Teknis

Meskipun dasar – dasar SEO seperti cara paling efisien untuk membangun tautan guna mendorong peringkat mesin telusur telah berubah dalam beberapa tahun terakhir (dan pemasaran konten menjadi semakin penting), apa yang oleh banyak orang dianggap sebagai “SEO tradisional” masih sangat berharga dalam menghasilkan lalu lintas dari mesin pencari. Seperti yang telah kita diskusikan, penelitian kata kunci masih berharga, dan masalah SEO teknis yang membuat Google dan mesin pencari lainnya tidak memahami dan memberi peringkat konten situs masih lazim.

SEO teknis untuk situs yang lebih besar dan lebih rumit sebenarnya adalah disiplinnya sendiri, tetapi ada beberapa kesalahan dan masalah umum yang dihadapi sebagian besar situs yang bahkan dapat dimanfaatkan oleh bisnis kecil hingga menengah untuk mengetahui:

Kecepatan Halaman

Mesin telusur semakin menekankan pada memiliki situs yang memuat cepat – kabar baiknya adalah ini tidak hanya bermanfaat bagi mesin telusur, tetapi juga bagi pengguna dan rasio konversi situs Anda. Google sebenarnya telah membuat alat yang berguna di sini untuk memberi Anda beberapa saran khusus tentang apa yang harus diubah di situs Anda untuk mengatasi masalah kecepatan halaman.

efek kecepatan halaman pada seo

Keramahan Seluler

Jika situs Anda mendorong (atau dapat mendorong) lalu lintas mesin telusur yang signifikan dari penelusuran seluler, seberapa “ramah seluler” situs Anda akan memengaruhi peringkat Anda di perangkat seluler, yang merupakan segmen yang berkembang pesat. Di beberapa relung, lalu lintas seluler sudah melebihi lalu lintas desktop.

Google baru-baru ini mengumumkan pembaruan algoritme yang berfokus pada hal ini secara khusus. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang cara melihat jenis lalu lintas mesin telusur seluler yang datang ke situs Anda bersama dengan beberapa rekomendasi khusus untuk hal-hal yang akan diperbarui di posting terbaru saya , dan di sini sekali lagi Google menawarkan alat gratis yang sangat membantu untuk mendapatkan rekomendasi tentang caranya untuk membuat situs Anda lebih ramah seluler .

dasar-dasar seo seluler

Respon Header

Kode respons header adalah masalah SEO teknis yang penting. Jika Anda tidak terlalu teknis, ini bisa menjadi topik yang kompleks (dan sekali lagi sumber daya yang lebih menyeluruh tercantum di bawah) tetapi Anda ingin memastikan bahwa halaman yang berfungsi mengembalikan kode yang benar ke mesin pencari (200), dan halaman yang tidak ditemukan juga mengembalikan kode untuk menyatakan bahwa mereka tidak lagi ada (a 404). Mendapatkan kode ini salah dapat menunjukkan kepada Google dan mesin telusur lain bahwa halaman “Halaman Tidak Ditemukan” sebenarnya adalah halaman yang berfungsi, yang membuatnya tampak seperti halaman tipis atau duplikat, atau bahkan lebih buruk: Anda dapat menunjukkan kepada Google bahwa semua konten situs Anda sebenarnya adalah 404(sehingga tidak ada halaman Anda yang diindeks dan memenuhi syarat untuk diberi peringkat). Anda dapat menggunakan pemeriksa tajuk server untuk melihat kode status yang ditampilkan laman Anda saat mesin telusur merayapinya.

cek header dasar-dasar seo

Pengalihan

Menerapkan pengalihan yang tidak tepat di situs Anda dapat berdampak serius pada hasil penelusuran. Kapan pun Anda dapat menghindarinya, Anda ingin tidak memindahkan konten situs Anda dari satu URL ke URL lainnya; dengan kata lain: jika konten Anda ada di example.com/page, dan halaman tersebut mendapatkan lalu lintas mesin pencari, Anda ingin menghindari pemindahan semua konten ke example.com/different-url/newpage.html, kecuali jika ada alasan bisnis yang sangat kuatyang akan lebih besar daripada kemungkinan kerugian jangka pendek atau bahkan jangka panjang dalam lalu lintas mesin pencari. Jika Anda memang perlu memindahkan konten, Anda ingin memastikan bahwa Anda menerapkan pengalihan permanen (atau 301) untuk konten yang berpindah secara permanen, karena pengalihan sementara (atau 302) (yang sering digunakan oleh pengembang) menunjukkan kepada Google bahwa pemindahan tersebut mungkin tidak permanen, dan bahwa mereka tidak boleh memindahkan semua ekuitas tautan dan kekuatan peringkat ke URL baru. (Lebih lanjut, mengubah struktur URL Anda dapat membuat tautan rusak , merusak arus lalu lintas rujukan Anda dan mempersulit pengunjung untuk menavigasi situs Anda.)

Konten Duplikat

Konten tipis dan duplikat adalah area penekanan lain dengan pembaruan Panda terbaru Google. Dengan menduplikasi konten (meletakkan konten yang sama atau hampir identik di beberapa halaman), Anda mengurangi ekuitas tautan antara dua halaman alih-alih memusatkannya pada satu halaman, memberi Anda lebih sedikit kesempatan untuk memberi peringkat untuk frase kompetitif dengan situs yang mengkonsolidasikan ekuitas tautan mereka menjadi satu dokumen. Memiliki konten duplikat dalam jumlah besar membuat situs Anda terlihat berantakan dengan konten berkualitas rendah (dan mungkin manipulatif) di mata mesin telusur.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan duplikat atau konten tipis. Masalah ini mungkin sulit untuk didiagnosis, tetapi Anda dapat melihat Alat Webmaster di bawah Tampilan Penelusuran> Peningkatan HTML untuk mendapatkan diagnosis cepat.

masalah duplikat konten seo

Dan lihat perincian Google sendiri pada konten duplikat . Banyak alat SEO berbayar juga menawarkan cara untuk menemukan konten duplikat, seperti analitik Moz dan Screaming Frog SEO Spider .

Peta Situs XML

Peta situs XML dapat membantu Google dan Bing memahami situs Anda dan menemukan semua kontennya. Pastikan untuk tidak menyertakan halaman yang tidak berguna, dan ketahuilah bahwa mengirimkan halaman ke mesin telusur di peta situs tidak menjamin bahwa halaman tersebut benar-benar akan diberi peringkat untuk apa pun. Ada sejumlah dari alat bantu gratis untuk menghasilkan peta situs XML.

Robots.txt, Meta NoIndex, & Meta NoFollow

Terakhir, Anda dapat menunjukkan ke mesin telusur bagaimana Anda ingin mereka menangani konten tertentu di situs Anda (misalnya jika Anda ingin mereka tidak merayapi bagian tertentu situs Anda) di file robots.txt . File ini mungkin sudah ada untuk situs Anda di yoursite.com/robots.txt. Anda ingin memastikan bahwa file ini saat ini tidak memblokir apa pun yang Anda ingin mesin telusur temukan agar tidak ditambahkan ke indeks mereka, dan Anda juga dapat menggunakan file robot untuk menyimpan hal-hal seperti server pementasan atau petak konten tipis atau duplikat yang berharga untuk penggunaan internal atau pelanggan agar tidak diindeks oleh mesin telusur. Anda dapat menggunakan tag meta noindex dan meta nofollow untuk tujuan serupa, meskipun fungsi masing-masing berbeda satu sama lain.

Sumber daya tambahan:

 

7. Bagaimana Melacak & Mengukur Hasil SEO

Jadi, begitu Anda mulai menulis konten SEO Anda yang luar biasa dan menerapkan semua langkah ini, bagaimana Anda sebenarnya melacak apakah dan seberapa baik itu bekerja?

Pada dasarnya, pertanyaan ini memiliki jawaban yang cukup mudah, dengan beberapa metrik utama untuk difokuskan, tetapi dengan setiap metrik ada beberapa faktor kunci yang perlu dipertimbangkan saat Anda mengukur kinerja SEO situs Anda.

Peringkat Kata Kunci

Melihat di mana peringkat situs Anda untuk daftar kata kunci tentu saja bukan tujuan akhir – Anda tidak dapat membayar staf Anda dalam peringkat, hal-hal seperti personalisasi dalam hasil pencarian telah membuat mereka bervariasi di berbagai lokasi, dan karenanya sulit dilacak, dan tentu saja yang mereka tunjukkan adalah di mana Anda muncul di hasil pencarian. Beberapa bahkan akan melangkah lebih jauh dengan menyatakan mereka mati . Namun mendapatkan gambaran kasar tentang peringkat situs Anda untuk istilah inti dapat menjadi indikator utama yang berguna untuk kesehatan situs Anda. Ini tidak berarti Anda harus terlalu terobsesi dengan peringkat untuk satu istilah . Ingat: sasaran akhir Anda adalah mendorong lebih banyak lalu lintas relevan yang mendorong lebih banyak bisnis– jika Anda menjual widget biru, apakah lebih penting memberi peringkat untuk “widget biru” atau Anda menguraikan dan menjalankan strategi SEO yang membantu Anda menjual lebih banyak widget biru dengan cara yang paling hemat biaya? Gunakan peringkat sebagai health check umum, bukan KPI diagram kursus.

Sejumlah alat dapat membantu Anda memeriksa peringkat Anda. Sebagian besar menawarkan fungsionalitas yang cukup mirip tetapi fitur seperti peringkat lokal atau seluler terkadang unik di beberapa alat. Jika Anda adalah bisnis kecil atau baru memulai SEO, saya sarankan untuk memilih alat yang gratis dan mudah digunakan dan hanya mengawasi beberapa istilah inti yang ingin Anda lacak untuk membantu Anda mengukur kemajuan.

Lalu Lintas Organik

Lalu lintas organik adalah indikator utama yang jauh lebih baik untuk kesehatan upaya SEO Anda. Dengan melihat lalu lintas organik ke situs Anda, Anda bisa mendapatkan ukuran untuk volume sebenarnya dari pengunjung yang datang ke situs Anda, dan ke mana mereka pergi.

Anda dapat mengukur lalu lintas organik Anda dengan mudah menggunakan sebagian besar alat analitik – karena ini gratis dan paling sering digunakan, kita akan melihat cara mendapatkan informasi ini di Google Analytics .

Untuk pemeriksaan cepat, Anda cukup melihat halaman pelaporan utama situs Anda dan mengklik “Semua Sesi” untuk memfilter lalu lintas organik (lalu lintas dari mesin telusur yang mengecualikan lalu lintas penelusuran berbayar):

melacak lalu lintas seo organik

Anda juga dapat menyibak untuk melihat halaman tertentu yang mengarahkan lalu lintas dan sasaran dengan membuat laporan khusus dan menetapkan pengguna dan sasaran tercapai sebagai metrik Anda, dan halaman landas sebagai dimensi Anda:

pelaporan seo dasar

Catatan: Pastikan setelah Anda melihat laporan ini bahwa Anda memilih lagi segmen lalu lintas organik, atau Anda akan melihat semua lalu lintas menurut laman, bukan hanya lalu lintas tidak berbayar yang didorong oleh mesin telusur.

Ini bisa sangat berguna untuk situs yang baru memulai SEO, karena seringkali sebagian besar lalu lintas situs Anda akan didorong oleh apa yang dikenal sebagai “kueri bermerek”, atau penelusuran yang berisi nama merek perusahaan Anda (misalnya, penelusuran bermerek untuk WordStream mungkin berupa ” WordStream PPC “versus istilah penelusuran tidak bermerek, yang mungkin berupa” perangkat lunak bayar per klik “). Anda jelas ingin orang-orang mencari merek Anda, dan tentu saja Anda ingin mereka menemukan Anda ketika mereka melakukannya, tetapi kecuali situs Anda telah dihukum oleh Google, Anda hampir pasti akan memberi peringkat untuk merek Anda dan membuat lalu lintas bermerek itu datang ke Anda. beranda situs. Apa yang sebagian besar dari upaya SEO Anda yang sedang berlangsung harus dipusatkan adalah mengarahkan lalu lintas tambahan ke situs (orang-orang yang mungkin tidak menemukan dan terlibat dengan Anda sebaliknya).

Seperti yang saya sebutkan di bagian kata kunci dari panduan ini, sayangnya Google telah mempersulit untuk mendapatkan data seputar kata kunci sebenarnya yang dicari orang, tetapi dengan melihat lalu lintas tingkat halaman (di luar halaman beranda situs Anda), Anda dapat mulai mengumpulkan wawasan tentang kemajuan SEO Anda secara keseluruhan. Melihat data peringkat dan menggunakan taktik yang disebutkan di bagian kata kunci dari panduan ini juga akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak wawasan tentang istilah aktual yang mengarahkan lalu lintas (dan apakah pertumbuhan SEO Anda didorong oleh upaya pengoptimalan daripada pemasaran off-line. ).

Prospek & Penjualan Organik

Jelas, cara utama untuk mengukur hasil pengoptimalan mesin telusur Anda adalah prospek, penjualan, pendapatan, dan keuntungan yang sebenarnya. Seperti halnya aktivitas bisnis apa pun yang perlu Anda jawab: bagaimana aktivitas tersebut membantu menggerakkan laba Anda?

Jalur termudah di sini adalah menyiapkan sasaran atau pelacakan e-niaga di alat seperti Google Analytics. Anda dapat menggunakan laporan di atas untuk melihat lalu lintas organik dan sasaran (atau metrik e-niaga yang berbeda) menurut laman landas, yang berarti Anda secara khusus melihat siapa yang berkonversi di antara orang-orang yang mendarat di situs Anda dari penelusuran organik (versus orang yang mungkin datang ke situs Anda dari PPC atau saluran lain di dalam jendela yang dapat dilacak oleh pelacakan analitik Anda, lalu mencari Anda, lalu dikonversi).

Ini tampaknya cukup mudah, dan umumnya bagi sebagian besar bisnis adalah cara awal yang baik untuk mengukur keberhasilan upaya SEO Anda, tetapi sekali lagi ada beberapa peringatan dan hal yang perlu diingat terkait data ini:

  • Analisis berbasis web selalu tidak sempurna . Jika Anda beralih dari baliho atau iklan surat kabar ke pemasaran online, Anda mungkin akan terkesan dengan volume dan ketepatan data yang tersedia, tetapi sering kali ada berbagai masalah pelacakan berbeda yang dapat membuat data yang Anda lihat di mana saja dari sedikit hingga sangat tidak aktif – selalu memiliki tingkat skeptisisme tentang data yang tampaknya tidak bertambah, dan lakukan apa yang Anda bisa untuk melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan bahwa informasi analitik Anda disinkronkan dengan pendapatan dan pengeluaran Anda yang sebenarnya data.
  • Sistem Anda mungkin membuat celah dalam pelacakan . Jika Anda memiliki sistem back-end yang tidak dapat Anda kaitkan dengan analitik karena alasan tertentu, Anda mungkin memiliki beberapa celah antara apa yang dapat Anda lacak sebagai sasaran dan penjualan aktual.
  • Pengaitan dan metrik nilai seumur hidup bisa jadi rumit. Ini lebih merupakan masalah bisnis dan metrik web daripada sesuatu yang spesifik untuk SEO, tetapi mencari tahu bagaimana Anda mengaitkan penjualan ke saluran yang berbeda dan memperhitungkan nilai seumur hidup untuk lalu lintas situs Anda bisa jadi rumit. Pastikan Anda menerapkan jenis pertanyaan sulit yang sama dan mencoba mengukur SEO dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dengan upaya pemasaran lainnya.
  • Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang atribusi multi-saluran di panduan mendalam Avinash Kaushik
  • KISS Metrics menawarkan ikhtisar yang bagus tentang analisis kelompok dan atribusi multi-sentuh
  • Omniture adalah platform analisis web berbayar populer yang dapat memiliki kurva pembelajaran yang curam – kedua sumber daya ini menawarkan beberapa tip bagus untuk membuat laporan SEO yang berguna

Sumber daya tambahan

 

8. Pertimbangan SEO Tambahan

Bagi banyak bisnis, mendapatkan aspek teknis SEO dengan benar, memahami kata kunci yang ingin Anda targetkan, dan memiliki strategi untuk membuat halaman situs Anda ditautkan dan dibagikan adalah satu-satunya hal yang perlu Anda ketahui tentang SEO. Namun demikian, beberapa kasus dan jenis bisnis tertentu yang perlu diperhatikan dengan jenis pencarian tertentu. Beberapa jenis lingkungan pencarian yang membutuhkan pendekatan unik meliputi:

  • SEO Internasional – Ada sejumlah manfaat dan trade-off untuk pendekatan yang berbeda terhadap peringkat situs di berbagai negara dan dalam bahasa yang berbeda. Aleyda Solis memiliki panduan luar biasa untuk praktik terbaik SEO internasional jika Anda mencoba menjangkau pelanggan di berbagai pasar internasional, dan Google juga menawarkan beberapa rekomendasi dan praktik terbaik dalam panduan mereka sendiri .
  • SEO Lokal – Untuk bisnis kecil dan penerima waralaba , mendapatkan peringkat lokal untuk berbagai variasi {lokasi Anda} + {layanan Anda} (mis. “Toko pizza Boston”) benar-benar merupakan lalu lintas penelusuran organik paling berharga yang tersedia. Saat mendapatkan tautan dan berbagi, melakukan penelitian kata kunci, dan memastikan situs Anda tidak memiliki masalah teknis yang membantu dengan peringkat yang dilokalkan, ada sekumpulan faktor peringkat terpisah yang harus diperhatikan oleh bisnis lokal. Matthew Barby memiliki panduan yang bagus tentang topik tersebut .
  • Mesin Telusur App Store – Jika Anda memiliki aplikasi – baik sebagai produk inti yang ditawarkan untuk perusahaan Anda, atau sebagai sarana yang memungkinkan pengguna seluler untuk dapat berinteraksi dengan bisnis Anda – membuat aplikasi Anda muncul dalam penelusuran di berbagai toko aplikasi dapat menjadi sangat berharga. Justin Briggs dan Stephanie Beadell telah menulis banyak postingan luar biasa tentang topik tersebut.

Jadi bagaimana sekarang?

Jadi, jika Anda sudah sampai sejauh ini, Anda harus mengetahui banyak informasi tentang bagaimana mesin pencari memberi peringkat situs web dan tentang bagaimana Anda dapat memposisikan situs dan bisnis Anda sendiri untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas pencarian dari mesin pencari seperti Google. Apa yang harus Anda lakukan selanjutnya?

Prioritaskan . Tidak ada situs yang melakukan pekerjaan yang sempurna terhadap setiap aspek optimasi mesin pencari. Pikirkan tentang hal-hal yang Anda lakukan dengan baik, memiliki anggaran dan sumber daya, dan itu akan memberi bisnis Anda keuntungan terbaik untuk investasi Anda – ini setidaknya akan sedikit berbeda untuk setiap bisnis dan situs.

Jika Anda hebat dalam membuat dan mempromosikan konten, tentukan kata kunci mana yang akan digunakan dan fokuskan upaya Anda di sana.

Jika Anda memiliki situs yang besar dan kompleks, fokuslah untuk mendapatkan SEO teknis yang benar (atau pekerjakan seseorang yang bisa).

Jika Anda adalah bisnis kecil yang akan mendapat manfaat dari peringkat untuk istilah yang berfokus pada geo yang sangat spesifik tetapi tidak banyak yang lain, dukung upaya SEO lokal Anda (dan kemudian mungkin fokus pada upaya pemasaran lain begitu Anda mulai melihat hasil yang semakin berkurang dari upaya Anda di sana ).

Selalu ingat bahwa tujuan akhir dari setiap upaya pengoptimalan mesin pencari adalah untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dan lalu lintas untuk bisnis Anda atau konten situs Anda. Cari cara agar lalu lintas mesin pencari dapat membantu bisnis dan situs Anda: jangan hanya mengejar kata kunci SEO terbaru atau melompat setiap kali Google membuat rekomendasi yang dapat meningkatkan peringkat pencarian Anda sekaligus merugikan bisnis Anda secara keseluruhan.