Inilah Alasan Perubahan Nama Facebook ke Meta

  • Whatsapp
Perubahan Nama Facebook

Inilah Alasan Perubahan Nama Facebook ke Meta – Beberapa waktu lalu, Mark Zuckerberg mengumumkan adanya perubahan nama facebook ke meta dalam event bernama Connect di tahun 2021.

Nantinya Meta menjadi induk perusahaan yang menungi sejumlah produk antara lain Instagram, WhatsApp, Facebook, Oculus serta produk lainnya. Dalam sebuah wawancara dengan media setempat, Mark menjelaskan terdapat alasan di balik adanya perubahan nama tersebut.

Alasan utama untuk perubahan nama facebook menjadi meta tentunya guna menekankan fokus perusahaan.  Juga ambisi Mark dalam membangun teknologi metaverse sebagai bagian dari masa depan, sehingga Facebook berubah namanya menjadi Meta.

Mark menjelaskan, mereka kini melihat bisnis perusahaan sebagai dua segmen berbeda satu sama lainnya. Satu segmen untuk aplikasi bidang sosial serta satunya lagi guna layanan masa mendatang. Alasan sederhananya seperti itu.

Inilah Alasan Perubahan Nama Facebook ke Meta

Perubahan nama facebook ke meta menutut Mark, mereka ingin mempunyai identitas merk baru yang seperti ada di berita. Di mana hal tersebut selaras dengan visi pada masa depan yang tengah mereka kerjakan. Sebelumnya Mark sempat menyebut adanya metaverse sebagai teknologi masa depan di bidang internet. Walaupun sebelumnya nama metaverse sendiri identik dengan hal dystopia serta memiliki kecederungan ke arah negative.

Meskipun begitu Mark meyakini kalau adanya perubahan nama facebook ke meta bermaksud menekankan adanya metaverse. Adapun metaverse nantinya membawa keuntungan cukup besar terhadap ekonomi jenis digital.

Visi untuk metaverse yang dibayangkan Mark yaitu tempat virtual di mana siapa saja dapat melakukan interaksi memakai virtual reality atau augmented reality. Namun semuanya tetaplah terasa layaknya melakukan pertemuan secara langsung.

Bukan hanya itu dengan perubahan nama facebook ke meta, ini menjadi penekanan fokus baru perusahaan maka Mark mengatakan kalau nama Facebook tak lagi sesuai berdasarkan identitas perusahaannya yang hendak lepas dari citra usaha di bidang media sosial.

Terlebih kini mereka mempunyai WhatsApp dan Instagram, sehingga pemakaian nama Facebook dirasa kurang sesuai untuk mewakilkan identitas perusahaannya.

Arti Nama Meta Sebagai Pengganti Facebook

Pada perubahan nama facebook ke meta sendiri bukanlah berlaku untuk media sosialnya melainkan nama perusahaan induk. Karena itulah banyak orang merasa penasaran tentang arti dari nama Meta tersebut.

Berdasarkan tulisannya, Mark menyebutkan Meta merupakan kata yang asalnya dari bahasa kawasan Yunani. Arti dari Meta sendiri adalah beyond dan kalau diterjemahkan maka artinya berupa melewati, lebih jauh atau dapat juga berarti melebihi.

Menurut Mark, kata tersebut menjadi simbolisasi bahwa selalu terdapat hal yang dapat dibangun serta kerap ada tahapan berikutnya di perusahaan Facebook. Bagi mereka, ceritanya berawal di suatu kamar asrama lalu tumbuh melebihi apa yang ada dalam imajiasni mereka. Sehingga menjadi suatu keluarga aplikasi yang dipakai banyak orang dan dapat terhubung satu bersama lainnya.

Selain itu Mark menyatakan harapannya keinginan orang-orang melihat Facebook atau kini Meta menjadi perusahaan metaverse yang pada dasarnya merupakan sebutan baru yang terbilang lebih fancy sebagai penerus internet.

Facebook sendiri mendeskripsikan keberadaan metaverse lebih sederhana yaitu berupa kumpulan ruang virtual di mana publik dapat membuat serta eksplorasi dengna orang lain yang berada di ruang fisik serupa.

Konsep tersebut Mark yakini bisa menjadi platform sosial besar selanjutnya dan ia yakini sejumlah perusahaan bidang teknologi akan membangun dalam waktu 10 tahun berikutnya.

Perubahan nama facebook ke meta ini sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet.

Related posts