Review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition

Review Asus ROG Strix G15 Advantage Edition mendapatkan semua A: AMD Ryzen 9 5900HX, AMD Radeon RX 6800M, dan AMD ‘Advantage,’ yang berarti ini adalah mesin pertama yang memenuhi pedoman AMD yang dirancang untuk membuat laptop gaming kelas menengah lebih baik. Dan ya, itu dibuat oleh Asus juga.

Kami akan mengatakan ini sebagai pengumuman layanan masyarakat sekarang: Jika Anda sedang mencari laptop yang terjangkau namun sangat cepat dengan anggaran sedang, Anda mungkin ingin melewatkan sisanya dan cukup membeli Asus ROG Strix G15 Advantage Edisi sekarang ( $ 1.650 di Best Buy ) karena rasio harga terhadap kinerjanya yang menakjubkan.

Jika Anda ingin sedikit lebih berhati-hati dan benar-benar menyelesaikan ulasan ini, pertama-tama kami akan menguraikan apa yang ada di dalamnya.

Ulasan ini adalah bagian dari pengumpulan laptop terbaik kami yang sedang berlangsung . Pergi ke sana untuk informasi tentang produk pesaing dan bagaimana kami mengujinya.

Review Asus ROG Strix G15 :

Spesifikasi ROG Strix G15 Advantage Edition

Asus tidak berhemat dengan ROG Strix G15 Advantage Edition. Mempertimbangkan harga, RAM DDR4/3200 16GB dan SSD NVMe 512GB adalah komponen yang solid, sebenarnya sangat khas dari kisaran harga ini. Jika mereka tidak cukup untuk Anda, keduanya dapat ditingkatkan di kemudian hari. Heck, laptop ini bahkan dilengkapi dengan Windows 10 Professional, yang dapat berharga $60 hingga $70 atau lebih di sebagian besar laptop. Berikut daftar spesifikasi yang lebih panjang:

CPU: 8-core AMD Ryzen 9 5900HX

GPU: AMD Radeon RX 6800M dengan 12GB GDDR6

RAM: 16GB DDR4/3200

Layar: 15,6 inci, FHD (1920×1080) panel 300Hz tingkat IPS dengan FreeSync

Penyimpanan: 512GB NVMe SSD

Dimensi:  14 x 10,25 x 0,8 inci

Berat:  5,1 pon, tambahkan 2,1 pon untuk adaptor AC 280 watt

OS: Windows 10 Pro

Konektivitas

2

Gordon Mah Ung

Bagian belakang Asus ROG Strix G15 Advantage Edition dilengkapi port ethernet Gigabit berbasis Realtek, port HDMI ukuran penuh, port USB-C dan USB-A.

ROG Strix G15 Advantage Edition menempatkan sebagian besar portnya di bagian belakang (lihat gambar di atas), termasuk:

  • Satu USB 3.2 Gen 1 Tipe-A
  • Satu USB 3.2 Gen 2 Tipe-C
  • Satu HDMI 2.0b
  • Gigabit ethernet menjalankan pengontrol Realtek

Seperti setiap laptop AMD yang pernah kami lihat, port USB-C tidak menyertakan dukungan Thunderbolt, tetapi memiliki DisplayPort serta Pengiriman Daya USB hingga 100 watt.

Sisi kanan laptop tidak memiliki port apa pun, yang masuk akal bagi sebagian besar gamer yang tidak kidal (maaf, kidal). Asus memang mengintegrasikan sepasang port USB-A lain di sisi kiri (lihat gambar di bawah), bersama dengan jack kombo analog.

3

Gordon Mah Ung

Sisi kiri ROG Strix G15 Advantage Edition dilengkapi sepasang port USB-A 5Gbps dan jack audio kombo analog.

Desain dan kualitas bangunan

Kami harus memperingatkan Anda bahwa jika Anda mencari laptop gaming tipis dengan bodi aluminium—ROG Strix G15 Advantage Edition bukan. Tutup dan dek keyboard terbuat dari aluminium, tetapi bagian bawah dan sampingnya terbuat dari plastik.

Ini juga relatif tebal, sekitar 28mm (1,1 inci) pada titik paling tebal (tidak termasuk kaki). Itu tidak selalu merupakan hal yang buruk, karena laptop yang lebih tebal cenderung memberikan lebih banyak ruang untuk pendinginan. Kami telah melihat banyak laptop tipis berjuang dengan pelambatan termal saat komponennya memanas.

Adaptor AC 280 watt dapat disebut sebagai ‘bata daya’ mengingat bobotnya yang 2,1 pon. Anda juga dapat memberi daya pada ROG Strix G15 pada pengisi daya USB-C 100 watt, tetapi jangan mengharapkan pengalaman yang sama dibandingkan dengan pengisi daya penuh lemak.

5

Gordon Mah Ung

Anda dapat dengan mudah menukar aksen sudut merah ROG Strix G15 Advantage Edition dengan warna bening atau perak. Ketiga opsi disertakan dengan laptop.

Dalam kasus ROG Strix G15 Advantage Edition, Asus menempatkan bodi berukuran plus yang lebih tebal untuk bekerja dalam pendinginan. Dalam “pertama”, perusahaan mengatakan telah benar-benar menggunakan bahan antarmuka termal logam cair yang lebih efisien pada CPU dan GPU. Laptop dengan logam cair yang lebih efisien pada CPU telah tersedia selama beberapa tahun sekarang, tetapi hingga saat ini belum ada yang menggunakannya di GPU. Vendor selalu memberi tahu kami bahwa lebih masuk akal untuk menggunakannya pada CPU yang intensif panas.

Keyboard dan trackpad

Trackpad pada ROG Strix G15 Advantage Edition terbilang mulus, dengan dukungan driver Microsoft Precision. Unit kami memiliki trackpad yang sedikit “memantul”, yang kadang-kadang kami lihat saat trackpad tidak terpasang dengan kuat, sehingga menghasilkan sedikit getaran. Kami pikir itu adalah anomali unit kami tetapi wajib untuk menyebutkannya.

Keyboard adalah keyboard kubah karet standar dengan perjalanan yang layak dan tidak ada masalah tata letak utama. Lampu latar keyboard adalah RGB, tetapi pencahayaan zona, bukan per tombol. Asus melakukan pekerjaan yang luar biasa dengan muntahan unicorn pelangi sehingga kebanyakan orang tidak akan tahu bedanya. Ada juga pencahayaan RGB perimeter di sekitar dasar laptop.

Kamera web dan speaker

Kami pertama-tama ingin memuji Asus untuk sepasang speaker empat wattnya. Dibandingkan dengan banyak laptop gaming 15,6 inci yang telah kami uji, mereka menawarkan jauh lebih banyak bass, mid-range, dan kehadiran daripada kebanyakan laptop gaming yang lebih kecil. Anda dapat berterima kasih lagi pada bodi yang lebih besar untuk itu, karena lebih banyak ruang untuk speaker biasanya berarti audio yang lebih baik.

Satu masalah yang kami temukan adalah dengan webcam laptop, yang dapat Anda lihat dibandingkan dengan webcam 1080p MSI GE76 Raider (kiri atas) dan webcam 720p dari HP Elite Dragonfly (kanan atas.) Seperti yang Anda lihat, webcam di Asus ROG Strix G15 Advantage Edition (kiri bawah) menawarkan tingkat hitam pekat seperti OLED yang mengesankan.

Webcam pada Asus ROG Strix G15 Advantage Edition sangat kecil, sebenarnya tidak ada.

Kami bercanda! Asus ROG Strix G15 Advantage Edition—laptop baru yang ditawarkan pada tahun 2021—tidak memiliki webcam. Kami dapat memahami, jika tidak setuju, alasan perusahaan untuk menghilangkan webcam dari Asus ROG Zephyrus G14 : Gamer sejati, saran Asus, akan membeli webcam beresolusi tinggi mereka sendiri. Pertimbangkan bahwa ROG Zephyrus G14 diperkenalkan di CES pada Januari 2020, pada hari-hari terakhir yang tidak bersalah sebelum pandemi memulai gelombang penguncian, kerja jarak jauh, dan jarak sosial. Kami hampir tidak peduli dengan webcam sebelumnya. Sekarang, hampir 18 bulan berlalu, menghilangkan webcam dari laptop tampaknya konyol.

Kinerja CPU CPU

Kami telah menguji Ryzen 5000 dan khususnya  Ryzen 9 5900HX , serta Radeon RX 6800M  yang ditampilkan dalam ROG Strix G15 Advantage Edition. Untuk melihat bagaimana semuanya bekerja bersama di laptop ini, kita akan mulai dengan beberapa tes CPU.

Skor dari Cinebench R15 Maxon yang lebih tua cukup menjelaskan semuanya. Tes pemodelan 3D ini mendukung core berperforma tinggi. ROG Strix G15 Advantage Edition menang besar bahkan melawan laptop yang lebih berat atau menggunakan CPU desktop.

strix g15 cinebench r15 nt

IDG

Bilah yang lebih panjang menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Namun, sebagian besar perangkat lunak tidak menggunakan semua inti itu, jadi penting untuk merasakan seberapa cepat CPU dalam tugas inti tunggal atau utas tunggal. ROG Strix G15 Advantage Edition sekali lagi ditampilkan dengan sangat baik—hanya Asus ROG Flow X13 dan Ryzen 9 5980HS-nya yang melampauinya. Kami belum menyelesaikan tinjauan formal laptop Tiger Lake H Intel, tetapi berdasarkan tinjauan kami terhadap Core i9-11980HK,  kami berharap CPU generasi ke-11 Intel akan membuat pertarungan ini lebih menarik.

strix g15 cinebench r15 1t

IDG

Bilah yang lebih panjang menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Tes CPU terakhir kami menggunakan HandBrake versi lama untuk mengonversi file film 1080p 30GB menggunakan preset Tablet Android. Anda dapat kembali melihat bilah merah membutuhkan waktu sedikit lebih sedikit untuk mengonversi file daripada CPU Core i9-9900K desktop yang dipasang di laptop yang jauh lebih besar. Ryzen 5000 adalah yang sebenarnya.

rem tangan strix g15

IDG

Bilah yang lebih pendek menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Kinerja Grafis

Pindah ke kinerja grafis, pertanyaan besarnya adalah bagaimana kinerja AMD Radeon RX 6800M terhadap apa yang sebagian besar telah menjadi pertunjukan semua-Nvidia selama bertahun-tahun sekarang?

Cukup bagus, sebenarnya. Radeon RX 6800M tidak melampaui GPU Laptop RTX 3080 dengan watt lebih tinggi, tetapi merupakan pesaing yang layak untuk tugas-tugas game konvensional, seperti yang dapat Anda lihat dari hasil subscore grafis 3DMark.

strix g15 3dmark grafik mata-mata waktu

IDG

Bilah yang lebih panjang menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Pindah ke game, pertama-tama kami menjalankan Rise of the Tomb Raider pada resolusi 1920×1080 yang disetel ke Sangat Tinggi dan dalam mode DX11. Anda dapat melihat kinerja ROG Strix G15 Advantage Edition tidak terlalu tinggi, tetapi berada di sekitar Asus ROG Flow X13 dengan Laptop GeForce RTX 3080 eksternal pada 150 watt, dan tidak terlalu jauh di belakang Gigabyte Aorus 17G dengan GPU Laptop GeForce RTX 3080 pada 105 watt.

strix g15 rotr

IDG

Bilah yang lebih panjang menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Rise of the Tomb Raider cukup tua pada saat ini. Setelah Anda pindah ke permainan yang lebih modern dan berat, kesenjangan semakin dekat. Seperti yang Anda lihat di bawah, menggunakan Metro Exodus dengan Extreme Preset, ROG Strix G15 Advantage Edition berada tepat di atas rata-rata dengan bagian Laptop GeForce RTX 3080 watt rendah, serta bagian Laptop GeForce RTX 3080 watt menengah.

6800 metro eksodus ekstrim 19x10

IDG

Bilah yang lebih panjang menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Kami sekali lagi menyarankan Anda membaca ulasan kami tentang Radeon RX 6800M untuk pengujian lebih mendalam tentang GPU ROG Strix G15, tetapi kami dapat meringkasnya sebagai pesaing yang sangat layak untuk sebagian besar game yang dimainkan orang. Namun, jika Anda pindah ke game yang menggunakan DirectX Raytracing Microsoft, GPU Laptop GeForce RTX 3080 Nvidia memiliki keunggulan yang jelas. Nvidia juga memiliki keunggulan dalam banyak aplikasi pembuatan konten. Namun untuk sebagian besar situasi permainan, Radeon RX 6800M cukup baik.

Daya tahan baterai

Pengujian terakhir kami melihat masa pakai baterai laptop dengan mengukur berapa lama ia dapat memutar video 4K saat dalam mode pesawat, dengan earbud terhubung pada volume sedang dan layar disetel ke 250 hingga 260 nits yang relatif cerah. Untuk laptop gaming, kami juga mematikan RGB saat memutar video.

Sebagian besar laptop yang berfokus pada game cenderung memiliki daya tahan baterai yang kurang baik. Kami akan mengatakan bahwa ROG Strix G15 Advantage Edition bekerja dengan baik hanya dalam waktu enam jam pemutaran.

video strix g15 rusak

IDG

Bilah yang lebih panjang menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Kesimpulan

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition menawarkan kinerja CPU terbaik, kinerja gaming yang sangat kompetitif, dan nilai yang solid untuk harganya. Dalam kisaran harga tersebut, kami hanya dapat menemukan satu laptop gaming berbasis Laptop GeForce RTX 3070–sebagian besar menggunakan GPU generasi terakhir GeForce RTX 3060 atau Nvidia. Sebagian besar laptop gaming tersebut juga dibangun di sekitar CPU generasi ke-10 atau bahkan generasi ke-9 Intel, yang secara besar-besaran dikalahkan oleh Ryzen 9 5900HX di dalam ROG Strix G15 Advantage Edition.

You’re basically getting the one of the fastest laptop CPUs available, with a GPU that can run with Nvidia’s best in conventional gaming, all for an affordable price. It’s simply the best deal in town right now.

Catatan: Saat Anda membeli sesuatu setelah mengklik tautan di artikel kami, kami mungkin mendapat komisi kecil. Baca kebijakan tautan afiliasi kami untuk detail lebih lanjut.

Leave a Comment